Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Twit Warganet Dengar Kabar CPNS Dibuka 2023, Minta Saran Belajar Mandiri atau Ikut Bimbel, Ini Kata BKN

Kompas.com - 06/11/2022, 17:05 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twit perihal informasi adanya kabar pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2023 ramai di media sosial.

Warganet tersebut kemudian meminta saran, apakah lebih baik belajar secara mandiri atau mengikuti bimbingan belajar (bimbel) untuk mempersiapkan diri sebelum tes CPNS.

"Denger denger 2023 ada cpns ya. Lebih baik belajar mandiri apa bimbel ya? Ada ga ya yg belajar mandiri tp diterima cpns? Kasih tipsnya kalo belajar mandiri. Oh iya saranin chanel yg yg update tentang soal soal. Terima kasih ya," tulis warganet itu.

Hingga Minggu (6/11/2022) siang, twit tersebut telah dikomentari lebih dari 300 kali, dibagikan lebih dari 1.000 kali, dan disukai lebih dari 4.900 kali oleh pengguna Twitter.

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Beda antara PNS dan ASN

Baca juga: Viral, Twit Tarif KA Komersial Disebut Akan Naik hingga 15 Persen, Ini Kata KAI

Lantas, benarkah CPNS akan dibuka pada 2023 dan bagaimana saran Badan Kepegawaian Negara (BKN) guna menghadapi seleksi calon aparatur sipil negara atau CASN?

Penjelasan BKN

Soal kabar CPNS akan dibuka lagi pada 2023, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengimbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resminya.

"Tunggu pengumuman saja," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (6/11/2022).

Ia pun menegaskan, pihaknya tidak pernah memberikan saran kepada calon pelamar untuk mengikuti bimbel dengan harapan bisa lulus menjadi abdi negara.

"Saya sarankan tunggu pengumuman resmi. BKN tidak pernah menyarankan ikut bimbingan belajar agar lulus seleksi CASN," kata Satya.

Sementara itu, Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Mohammad Averrouce belum merespons terkait kebenaran ada tidaknya informasi seleksi CPNS pada 2023 tersebut.

Pesan singkat yang dikirimkan Kompas.com, hingga Minggu (6/11/2022) pukul 15.45 WIB belum mendapatkan balasan.

Baca juga: Ramai soal Laman SSCASN untuk Daftar PPPK Guru 2022 Tak Bisa Diakses, Ini Kata BKN

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: PNS Bolos Kerja Bisa Kena Pecat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com