Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Etilen Glikol? Diduga Jadi Pemicu Gangguan Ginjal Akut Misterius

Kompas.com - 13/10/2022, 19:01 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menemukan, sebanyak 131 anak menderita gangguan ginjal akut misterius sejak Januari hingga September 2022.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (13/10/2022), penderita umumnya didominasi oleh anak berusia di bawah lima tahun (balita) hingga anak usia 8 tahun.

Gejalanya, mulai dari batuk, pilek, diare, muntah, dan demam. Gangguan ginjal akut misterius ini juga memiliki gejala lanjutan berupa urine yang sedikit atau bahkan tidak bisa buang air kencing.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turut menyelidiki penyebab gangguan ginjal akut misterius.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyampaikan, dugaan awal dipicu oleh konsumsi obat yang mengandung etilen glikol.

"Dugaan ke arah konsumsi obat yang mengandung etilen glikol. Tapi hal ini perlu penelitian lebih lanjut karena tidak terdeteksi dalam darah. Dugaan mengarah ke intoksikasi (keracunan)," ujar dia.

Lantas, apa itu etilen glikol? Seberapa bahaya senyawa ini jika masuk ke dalam tubuh?

Baca juga: Muncul Gangguan Ginjal Akut Misterius, Kemenkes: Diduga Keracunan Obat Mengandung Etilen Glikol

Apa itu etilen glikol?

Pakar toksikologi dan dosen dari Departemen Kimia Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI) Budiawan menjelaskan, etilen glikol adalah zat kimia golongan senyawa organik.

"(Etilen glikol) tidak berwarna, tidak berbau, memiliki viskositas atau kekentalan rendah, kental seperti sirup dan sejenisnya," terang Budiawan kepada Kompas.com, Kamis (13/10/2022).

Ia melanjutkan, etilen glikol utamanya digunakan sebagai bahan antifreeze atau penghambat terbentuknya kristal es dalam radiator mobil.

Senyawa ini juga digunakan untuk kegiatan lain, termasuk bahan baku industri serat polister, serta bahan membantu dalam produk pestisida, karet, dan sebagainya.

Terpisah, dosen Departemen Kimia Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM) Robby Noor Cahyono menjelaskan, etilen glikol memiliki rumus molekul C2H6O2.

Pada suhu kamar, senyawa ini berbentuk cair sedikit kental mirip dengan sirup, tidak berwarna dan berbau, serta memiliki rasa manis.

"Penggunaan utamanya adalah sebagai zat anti-beku dalam pendingin," kata Robby saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/10/2022).

Baca juga: IDAI Ungkap 5 Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak, Apa Saja?

Berbahaya jika masuk tubuh

Robby mengungkapkan, etilen glikol berbahaya jika dikonsumsi atau masuk ke dalam tubuh.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com