Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Pria Paksa Berkenalan Penumpang Perempuan di KA, Ini Kata KAI

Kompas.com - 03/08/2022, 19:06 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan pria memaksa berkenalan dengan penumpang perempuan sesama penumpang kereta api, viral di media sosial pada Senin (1/8/2022).

Disebutkan bahwa kejadian itu ada di dalam rangkaian JA Sri Tanjung.

"Si cowok ini memaksa mbak2 cewek buat kenalan. Krn mbaknya gk mau akhirnya dikasih nomer WA palsu, tp si cowok gk terima n dateng lagi ke tempat mbaknya. Mbaknya smpe takut akhirnya saya suruh tukar bangku sm pny saya. Biar mbaknya duduk bareng istri saya @KAI121 K.A Sri Tanjung," tulis pengunggah dalam twitnya.

Hingga Selasa (2/8/2022) malam, unggahan video itu sudah ditonton sebanyak 471.100 kali dan disukai sebanyak 11.000 kali pengguna lainnya.

Lalu, bagaimana penjelasan dari PT KAI mengenai kejadian tersebut?

Baca juga: Viral, Video Petugas KAI Merekam Penumpang di Toilet Stasiun, Begini Penjelasannya

Penjelasan KAI

Plh. Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Jawa Timur Tohari mengatakan bahwa pihaknya memohon maaf atas terjadi kejadian yang tidak menyenangkan itu.

Ia juga mengatakan agar pelanggan kereta api tidak segan melaporkan kejadian apapun yang tidak menyenangkan yang dialami kepada petugas di atas kereta api.

"Petugas tentunya akan melakukan tindakan lebih lanjut terkait apa yang dilaporkan," ujar Tohari, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, Tohari menyampaikan, petugas yang ada di atas kereta api tidak akan segan untuk menurunkan penumpang kereta api yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan penumpang lainnya selama dalam perjalanan.

Sebab, hal tersebut sudah sesuai dengan SOP.

"Silakan melapor, hubungi nomor telepon petugas yang ada di ujung depan dan belakang dinding kereta, nomor tersebut adalah nomor petugas Costumer Service On Train (CSOT)," lanjut dia.

Baca juga: Video Viral Baterai Dimasukkan ke Magic Com agar Awet, Ini Kata Ahli

Kronologi kejadian

Video viral itu diketahui terjadi di kereta api (KA) Probowangi relasi Stasiun Surabaya Gubeng dengan Stasiun Ketapang Banyuwangi.

Tohari mengatakan, kejadian tersebut berlangsung pada Senin (1/8/2022) pukul 15.58 WIB.

"Kejadiannya pada Senin (1/8/2022) pukul 15.58 WIB, pelapor melaporkan adanya kejadian penumpang laki-laki yang memaksa meminta nomor WA penumpang wanita untuk berkenalan," katanya.

Tohari menceritakan, wanita yang diajak kenalan itu tidak berkenan untuk memberikan nomor WhatsApp-nya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com