Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New York Darurat Cacar Monyet, 1.472 Kasus Terkonfirmasi

Kompas.com - 03/08/2022, 18:30 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kota New york di Amerika Serikat mengumumkan keadaan darurat kesehatan lokal terhadap kenaikan kasus cacar monyet pada Sabtu (30/7/2022).

Walikota New York Eric Adams telah menandatangani serangkaian perintah terbaru dalam upaya membendung gelombang kasus cacar monyet.

Pada Senin (1/8/2022), New York telah melaporkan sekitar 1.472 kasus cacar monyet yang berhasil dikonfirmasi.

Jumlah tersebut menyumbang lebih dari seperempat total kasus cacar monyet di Amerika Serikat secara nasional.

"Kami terus melihat jumlahnya meningkat. Perintah ini akan meningkatkan upaya kami yang ada untuk mendidik, memvaksinasi, menguji, dan merawat sebanyak mungkin warga New York dan memastikan respons seluruh pemerintah terhadap wabah ini," kata Adams dikutip dari NBC New York, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Terdapat Satu Warga Jateng Suspect Cacar Monyet, Ini Penjelasan Kemenkes

Langkah pencegahan

Keadaan darurat lokal ini membuat kota New York harus beradaptasi dengan ancaman kasus cacar monyet yang lebih agresif dan lebih menyeluruh.

Selain itu juga memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak bantuan dosis vaksin cacar monyet melalui lembaga-lembaga terkait.

Kemudian juga membuat New York dapat menangguhkan undang-undang setempat untuk memberlakukan aturan yang diperlukan dalam menghadapi kasus cacar monyet.

Departemen Kesehatan Negara Bagian New York mengeluarkan langkah-langkah yang bisa diambil masyarakat demi menghentikan penyebaran cacar monyet, yakni dengan:

  • Menanyakan kepada pasangan seksual apakah mengalami ruam atau gejala lain yang sesuai dengan cacar monyet.
  • Menghindari kontak kulit dengan seseorang yang memiliki ruam atau gejala terkait cacar monyet lainnya.
  • Menghubungi penyedia layanan kesehatan setelah bergejala dan tanyakan kepada departemen kesehatan daerah setempat tentang kelayakan vaksin.
  • Warga New York yang menerima vaksin JYNNEOS harus menerima dua dosis yang diberikan dalam selang waktu empat minggu dan tetap waspada sampai divaksinasi sepenuhnya.
  • Jika penyedia layanan kesehatan menduga Anda terkena cacar monyet, lakukan isolasi di rumah. Jika bisa, tinggallah di area yang terpisah dari anggota keluarga dan hewan peliharaan lainnya.
  • Ikuti sumber informasi kesehatan terkemuka dari departemen kesehatan terkait.

Baca juga: Brasil dan Spanyol Laporkan Kasus Kematian Cacar Monyet, Ini Penyebabnya

Kasus monkeypox atau cacar monyet semakin banyak ditemukan di banyak negara di dunia.SHUTTERSTOCK Kasus monkeypox atau cacar monyet semakin banyak ditemukan di banyak negara di dunia.

Tiga kota dengan kasus terbanyak

Dikutip dari CNBC pada Senin (1/8/2022), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah melaporkan hampir 6.000 kasus cacar monyet di 48 negara bagian.

New York, Illinois, dan California merupakan tiga kota penyumpang kasus cacar monyet terbesar di Amerika Serikat.

Meskipun hingga kini tidak ada kasus yang berakibat fatal dan menyebabkan kematian, namun beberapa pasien cacar monyet dilaporkan menderita rasa sakit luar biasa pada ruam yang ada di tubuh mereka.

Para ilmuwan dan pejabat kesehatan masyarakat khawatir cacar monyet dapat beredar secara permanen di Amerika Serikat jika wabah itu tidak diatasi.

Baca juga: Cacar Monyet Telah Menjangkiti 78 Negara, Masih Amankah Indonesia?

Vaksin cacar monyet

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) telah mengirimkan lebih dari 330.000 dosis vaksin cacar monyet ke negara bagian AS sejak Mei 2022.

Pada Jumat (29/7/2022), HHS kembali membuat 786.000 dosis lain untuk menanggulangi cacar monyet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com