Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut | Apa Itu Penyakit Kuku dan Mulut yang Mewabah di Jatim?

Kompas.com - 11/05/2022, 05:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Artikel mengenai cara pencegahan penularan dan gejala dari hepatitis akut menjadi berita terpopuler Tren sepanjang Selasa (10/5/2022) hingga Rabu (11/5/2022) pagi.

Karena penemuan kasus bertambah, berita mengenai hepatitis akut misterius selalu dicari oleh masyarakat.

Pasalnya selain menyerang anak-anak di Eropa, AS, dan Asia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan kasus hepatitis akut tersebut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Selain soal hepatitis akut, berita soal viralnya mobil pejabat yang bikin macet jalan di Bandara Soekarno-Hatta juga menjadi berita terpopuler kanal Tren.

1. Cara mencegah penularan hepatitis akut misterius

Kasus hepatitis akut misterius tengah menjadi sorotan banyak pihak, dan hingga sekarang juga masih terus di bawah radar para peneliti.

WHO mencatat setidaknya 228 kemungkinan kasus hepatitis akut ada di 20 negara. Indonesia sendiri dilaporkan telah mengidentifikasi 15 kasus hepatitis berat yang tidak diketahui asalnya setelah melaporkan tiga kematian di antara kelompok usia anak.

Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (FK Unpad) Dwi Prasetyo menjelaskan, hepatitis misterius sejatinya merupakan penyakit hepatitis yang tidak diketahui etiologinya.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) langsung mengeluarkan imbauan kewaspadaan dini, terutama untuk dokter anak, dokter umum, tenaga kesehatan, hingga masyarakat.

Berbagai upaya pencegahan penularan yang bisa dilakukan, bisa dibaca di artikel ini:

Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut dan Gejala yang Perlu Diwaspadai

Tangkapan layar imbauan mengatasnamakan Kemenkes terkait hepatitis akut misteriusScreenshot Tangkapan layar imbauan mengatasnamakan Kemenkes terkait hepatitis akut misterius

2. Mobil dinas pejabat bikin macet jalan bandara

Sebuah twit viral pada Minggu (8/5/2022). Twit tersebut bernarasi kemacetan parah di jalan area Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang.

Dalam twit itu, pemilik akun @hotradero menyebutkan, kemacetan terjadi di tempat penumpang menunggu taksi di Terminal 2.

Akun tersebut memaparkan bahwa kemacetan disebabkan adanya mobil dinas atau protokoler yang menunggu untuk menjemput pejabat yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Lebih lanjut, pemilik akun mengatakan bahwa berdasarkan pernyataan petugas satpam di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, para penjemput menolak parkir di tempat parkir.

Selain menulis narasi lengkap, pemilik akun juga menggunggah sebuah foto yang menggambarkan suasana kemacetan di sana. Dalam foto itu, tampak dua mobil berpelat nomor kendaraan dinas TNI Angkatan Darat (AD).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com