Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah agar Tidak Salah? Ini Tipsnya

Kompas.com - 10/02/2022, 06:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.comMemilih jurusan kuliah sangat penting. Sebab jangan sampai setelah diterima di universitas atau perguruan tinggi, lalu merasa salah jurusan dan akhirnya drop-out (DO). Simak tips memilih jurusan kuliah berikut ini. 

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibuka beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 14 hingga 28 Februari 2022.

Salah satu hal yang sering menjadi dilema bagi para calon peserta SNMPTN adalah menentukan jurusan kuliah. Tak jarang, calon peserta SNMPTN membutuhkan diskusi panjang dan mencari referensi untuk menentukan jurusan kuliah.

Sebab memilih jurusan kuliah bisa berpengaruh terhadap pilihan karir di masa depan.

Selain itu, menentukan jurusan kuliah juga tidak disarankan lantaran mengikuti keinginan teman. Calon peserta SNMPTN perlu menyelaraskan minat dan bakat mereka dengan jurusan kuliah.

Lalu bagaimana menentukan jurusan kuliah yang tepat?

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Dibutuhkan Perusahaan, Apa Saja?

Tips memilih jurusan kuliah

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek) melalui akun instagramnya, memberikan empat tips memilih jurusan kuliah. Berikut keempat tips tersebut:

1. Memahami minat dan bakat

Mengenal minat dan bakat bisa membantu calon peserta SNMPTN menemukan potensi di dalam dirinya. Potensi tersebut bisa menjadi alasan kuat calon peserta SNMPTN dalam menentukan jurusan kuliah.

Sering kali, minat dan bakat satu orang berbeda dengan yang lainnya. Oleh karena itu, menentukan jurusan kuliah sebaiknya tidak didasarkan oleh rasa ikut-ikutan teman.

Apabila calon peserta SNMPTN sudah menemukan potensi dalam dirinya, maka ia akan dengan mudah menemukan tujuan di masa depan.

Tujuan itulah yang nantinya bisa dikorelasikan dengan jurusan kuliah.

Baca juga: Tanya Jawab Lengkap Seputar KIP Kuliah 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com