Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Kucing Tak Tertarik Berburu Tikus, Ternyata Ini Sebabnya

Kompas.com - 22/01/2022, 15:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kucing dan tikus tak pernah bersekutu, paham ini telah dipercaya dari masa ke masa.

Kucing sendiri sudah bersahabat dengan manusia sejak kurang lebih 4000 tahun yang lalu.

Melansir dari National Geographic,  bangsa Mesir Kuno adalah bangsa yang dipercaya pertama kali memelihara dan menjadikan kucing sebagai hewan rumahan, sahabat manusia.

Dimulai dari keinginan membasmi hama tikus, kemudian menjadi sebuah pemujaan. Jadi sedari ribuan tahun yang lalu, kucing sudah diajak tinggal satu atap bersama manusia karena kucing memiliki keahlian berburu tikus secara mumpuni.

Pemujaan bangsa Mesir Kuno pun berlanjut dari tahun ke tahun. Hingga ketika seekor kucing mati, kucing akan dimumikan bersama makanan favoritnya, yaitu tikus. 

Hal ini semakin mempertegas bahwa hubungan kucing dan tikus sedari dulu selalu penuh seteru. Satu adalah buruan, dan satu lagi adalah sang pemburu.

Baca juga: Bukan Hanya Minta Makan, Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlama-lama

Mengapa kucing suka berburu tikus

Mengapa kucing tertarik pada tikus? Jawabannya adalah sederhana, karena kucing adalah karnivora alias pemburu, dan tikus adalah target yang mudah didapatkan di sekitar habitat kucing.

Tikus juga berukuran kecil, jauh lebih kecil daripada ukuran kucing. Sehingga tikus pun mudah ditaklukkan menggunakan kuku-kuku kucing yang kecil, juga mulutnya yang mungil.

Selain itu, kucing yang suka bermain, juga menyenangi tikus yang suka melakukan gerakan-gerakan yang mendadak dan tak terduga. Berburu tikus seakan memuaskan dua kebutuhan kucing, yaitu kebutuhan untuk berburu mangsa dan kebutuhan untuk bermain.

Ilustrasi kucing - Kucing sedang memburu.SHUTTERSTOCK / Sergey Zaykov Ilustrasi kucing - Kucing sedang memburu.
Meski begitu, ternyata tak semua kucing domestik masa kini menyukai kegiatan berburu tikus. Ada beberapa kucing yang terlihat tak peduli ketika ada tikus lewat di sekitar mereka.

Mengapa kucing tak tertarik pada tikus? Apakah kucing-kucing ini terlalu malas sehingga tak memiliki energi mengejar tikus?

Mengutip dari Sciencing, kucing dan semua binatang memiliki dua jenis perilaku, yaitu perilaku berdasar insting dan perilaku yang berkembang lewat lingkungan.

Insting adalah perilaku yang diturunkan sedari lahir tanpa campur tangan faktor eksternal. Seperti misalnya bayi kucing yang selepas keluar dari rahim induknya langsung bisa mencari puting susu dan menyusu.

Bayi kucing tak perlu diajari bagaimana caranya menyusu, namun ada beberapa perilaku kucing yang tak berkembang secara alami sedari lahir.

Perilaku ini didapat kucing dari hasil mengamati, belajar dan meniru apa yang ada di lingkungannya. Perilaku ini berkembang lewat pengalaman, jadi membutuhkan waktu.

Baca juga: Pasir Kucing Habis? Gunakan 4 Bahan Pengganti Pasir Kemasan Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com