Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pesepak Bola dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia, Ronaldo Nomor 1

Kompas.com - 25/09/2021, 08:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo berhasil memuncaki daftar pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia. Daftar itu dirilis oleh Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes.

Menurut Forbes, Ronaldo adalah pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia untuk musim 2021-2022.

Forbes memperkirakan pendapatan Ronaldo mencapai 91,5 juta pounds atau sekitar Rp 1,78 triliun! Angka ini tidak lepas dari kepindahan Ronaldo ke Manchester United di awal musim ini.

Baca juga: Pulang ke Man United, Ronaldo Jadi Pesepak Bola dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

Apabila dirinci, pendapatan mantan pemain Juventus itu sebesar 51,25 juta pounds berasal dari gaji dan bonus performa selama satu musim membela Man United. Sedangkan 40,25 juta pounds sisanya berasal dari sponsor atau endorsement.

Dengan pendapatan sekitar Rp 1,78 triliun, Ronaldo sukses mengungguli Lionel Messi yang pada tahun 2020 berada di peringkat pertama.

Seperti Ronaldo, musim ini Lionel Messi juga pindah dari klub lamanya. Messi meninggalkan Barcelona untuk memperkuat klub asal Prancis, Paris Saint Germain. Total pendapatan Messi berkisar 80,5 juta pounds.

Transfer tersebut membuat Lionel Messi harus rela menempati peringkat kedua dalam daftar pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia versi Forbes.

Ditilik dari gaji dan bonus, jumlah yang diterima Messi sebenarnya masih lebih tinggi ketimbang yang didapat Ronaldo.

Kapten timnas Argentina Lionel Messi (kiri), dan kapten Portugal Cristiano Ronaldo.Soccer.ru/Kirill Venediktov/Anna Nassi Kapten timnas Argentina Lionel Messi (kiri), dan kapten Portugal Cristiano Ronaldo.

Baca juga: Ketika Postur Pendek Messi Bikin Anak Ronaldo Tak Percaya...

Total gaji dan bonus performa Lionel Messi untuk musim 2021-2022 diperkirakan mencapai 54,95 juta pounds.

Namun, Ronaldo unggul jauh atas Messi dari sisi sponsor atau endorsement. Jika Ronaldo bisa memiliki pendapatan dari endorsement sekitar 40,25 juta pounds, maka Messi diperkirakan hanya mendapat sekitar 26,5 juta pounds dari sponsor atau endorsement pada tahun ini.

Dikutip dari situs Daily Mail, Lionel Messi kemungkinan besar akan tetap menjadi pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia seandainya bertahan di Barcelona.

Total pendapatan Messi apabila bertahan di Barcelona musim ini diperkirakan mencapai 95,24 juta pounds per tahun.

Angka tersebut tidak lepas dari gaji terakhir Lionel Messi di Barcelona yang mencapai 61 juta pounds atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Setelah bergabung ke PSG, mega bintang asal Argentina itu diperkirakan hanya mendapatkan gaji sebesar 33,6 juta euro atau sekitar Rp 675 miliar per tahun.

Selain Messi, dua bintang PSG lainnya juga mengisi daftar 10 pemain berpendapatan tertinggi di dunia. Mereka adalah Neymar jr dan Kylian Mbappe dengan pendapatan masing-masing sebesar 69,5 juta pounds dan 31,5 juta pounds.

Nama-nama besar lain yang mengisi daftar ini antara lain penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski, bintang Liverpool Mohamed Salah, hingga mantan pemain Barcelona yang kini memperkuat klub Jepang Vissel Kobe, Andres Iniesta.

Baca juga: Comeback Sempurna Ronaldo: Cetak 2 Gol, Bikin Rekor, dan Antar Man United ke Puncak

10 Besar Pesepak Bola dengan pendapatan tertinggi 

Berikut adalah daftar 10 pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia versi Forbes. Sebagai catatan, perkiraan angka pendapatan pemain di bawah ini merupakan gabungan dari gaji, bonus performa, dan sponsor.

  1. Cristiano Ronaldo (Man United) - 91,5 juta pounds
  2. Lionel Messi (PSG) - 80,5 juta pounds
  3. Neymar Jr (PSG) - 69,5 juta pounds
  4. Kylian Mbappe (PSG) - 31,5 juta pounds
  5. Mohamed Salah (Liverpool) - 30 juta pounds
  6. Robert Lewandowski (Bayern Muenchen) - 26 juta pounds
  7. Andres Iniesta (Vissel Kobe) - 26 juta pounds
  8. Paul Pogba (Man United) - 25 juta pounds
  9. Gareth Bale (Real Madrid) - 23,5 juta pounds
  10. Eden Hazard (Real Madrid) - 21 juta pounds

(Sumber:Kompas.com/Penulis : M. Hafidz Imaduddin | Editor: Ferril Dennys)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com