Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Minum Kopi 3 Kali Sehari untuk Tangkal Virus Corona

Kompas.com - 13/07/2021, 10:05 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Sebuah unggahan pesan mengenai minum kopi 3 kali sehari bisa menangkal Covid-19 beredar di media sosial Facebook dan aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Dari konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, informasi yang menyebut mengonsumsi kopi 3 kali sehari bisa menangkal Covid-19 adalah tidak benar.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai minum kopi sebanyak 3 kali sehari bisa menangkal Covid-19 beredar di media sosial Facebook dan WhatsApp.

Salah satu netizen yang membagikan mengenai kemampuan kopi menangkal virus corona ini adalah akun Facebook Regar.

Informasi yang beredar menyebut bahwa kopi mengandung Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline yang merangsang senyawa dan bisa menangkal virus corona.

Selain itu disebutkan bahwa di China, staf rumah sakit China telah menyajikan kopi untuk pasien sebanyak 3 kali sehari.

Adapun narasi yang beredar, selengkapnya sebagai berikut:

“Kopi Pahit anti Covid
*Breaking News dari CNN*
*Minum Kopi 3 x Sehari untuk menangkal Covid-19*
*Dr. Li Wenliang*, dokter pahlawan China yang dihukum karena mengatakan yang sebenarnya tentang Virus Corona dan kemudian meninggal karena penyakit yang sama, telah mendokumentasikan file kasus untuk tujuan penelitian dan dalam file kasus tersebut mengusulkan penyembuhan yang secara signifikan akan mengurangi dampak COVID- 19 Virus pada tubuh manusia.
Bahan kimia *Methylxanthine*, *Theobromine* dan *Theophylline* merangsang senyawa yang dapat menangkal virus ini pada manusia dengan sistem kekebalan minimal rata-rata.
Yang lebih mengejutkan adalah bahwa kata-kata rumit yang sangat sulit dipahami oleh orang-orang di China ini sebenarnya disebut *KOPI* di India.
YA, *KOPI* reguler memiliki semua bahan kimia ini di dalamnya.
*Methylxanthine utama dalam COFFEE* adalah kafein stimulan.
*Methylxanthines lain yang ditemukan dalam KOPI* adalah dua senyawa kimiawi yang serupa, *Theobromine dan Theophylline.*
Tanaman KOPI menciptakan bahan kimia ini sebagai cara untuk menangkal serangga dan hewan lainnya.
Siapa yang tahu bahwa semua solusi untuk virus ini adalah secangkir KOPI sederhana dan itulah alasan mengapa begitu banyak pasien di China disembuhkan.
Staf rumah sakit di China sudah mulai menyajikan KOPI kepada pasien 3 kali sehari.
Dan efeknya akhirnya di *Wuhan* "Pusat Pandemi ini" telah diatasi dan penularan ke komunitas hampir berhenti.
Silahkan bagikan pesan ini kepada teman dan keluarga Anda untuk menyadarkan mereka tentang berkah berupa KOPI di dapur Anda.
*4 Fakta Kopi Bisa Tingkatkan Imun untuk Cegah Virus Corona*
Mreizghi Alvio Linchia
Kamis, 26 Maret 2020 | 12:29 WIB
Stylo.ID - Kopi jadi minuman konsumsi favorit banyak orang termasuk di Indonesia.
Semakin dekat dengan anak muda, kini banyak kopi yang dijajakan dengan banyak campuran yang bikin rasanya semakin bervariasi.
Ternyata, konsumsi kopi bisa tingkatkan imun untuk cegah virus Corona, loh, Styl”

Konfirmasi Kompas.com

Terkait hal tersebut Kompas.com menghubungi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi.

Saat dihubungi Nadia menjelaskan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar.

“Enggak benar. Hoaks. Ini belum ada kajian ilmiahnya, dosisnya berapa yang betul-betul memberikan efek proteksi,” ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/7/2021).

Pihaknya juga mengingatkan, bahwa justru jika mengkonsumsi kopi seccara berlebihan bisa berdampak pada masalah kesehatan yang lain.

Adapun pihaknya mengingatkan, untuk mencegah adanya penularan virus maka masyarakat harus mentaati protokol kesehatan dan vaksinasi untuk memberikan perlindungan.

Terpisah, ahli patologi klinis UNS Tonang Dwi Ardyanto mengingatkan bahwa sensitivitas kopi pada setiap orang berbeda-beda.

“Ada yang lambung dan jantungnya merespons sensitif ada yang tidak. Maka sesuai dengan masing-masing orang. Tidak bisa disamakan,” ujarnya, Kamis (8/7/2021).

Terkait dengan informasi minum kopi untuk menangkal virus corona, maka menurutnya hal sama seperti mengatakan bahwa “makan buah anggur atau minum teh hijau itu menyehatkan”.

Sementara itu dikutip dari India Today, informasi semacam itu telah menyebar di India sejak 24 Maret 2020 lalu.

Adapun dari pengecekan yang dilakukan India Today ke situs CNN, Informasi mengenai kegunaan kopi untuk menangkal Covid-19 juga tidak ditemukan.

Kesimpulan

Dari Konfirmasi yang dilakukan Kompas.com maka informasi yang menyebar mengenai minum kopi 3 kali sehari bisa menangkal virus corona adalah tidak benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com