Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Zodiac Killer, Pelaku Pembunuhan Berantai 51 Tahun Lalu di AS?

Kompas.com - 13/12/2020, 20:30 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Penulis

KOMPAS.com - Misteri teka-teki pesan yang dikirim oleh pembunuh berantai Zodiac Killer 51 tahun lalu akhirnya terpecahkan, Jumat (11/12/2020).

Pelaku pembunuhan berantai itu kurang lebih menuliskan pesan:

"Aku harap kamu bersenang-senang saat mencoba menangkapku. Saya tidak takut dengan kamar gas, karena kamar itu akan mengirim saya ke surga lebih cepat, karena saya sekarang memiliki cukup budak untuk bekerja untuk saya."

Kalimat itu dikirimkan pelaku serangkaian pembunuhan di California Utara, AS pada tahun 1960-an kepada media cetak San Francisco Chronicle, medio November 1969.

Baca juga: Setelah 51 Tahun, Pesan Pelaku Pembunuhan Berantai Zodiac di AS Terpecahkan

Kasus pembunuhan Zodiac Killer belum terpecahkan hingga saat ini.

Pembunuhan berantai tersebut dimulai pada Desember 1968 ketika seorang pria dan wanita ditembak mati di mobil mereka.

Pada Juli 1969, pria dan wanita lain juga ditembak, namun sang pria berhasil selamat.

Pada tahun yang sama, pasangan wanita dan pria ditusuk di dekat sungai, hanya sang pria yang berhasil selamat.

Pada Oktober 1969, seorang supir taksi ditembak di San Francisco. Sang pembunuh sendiri mengaku telah menghabisi 37 orang dalam pesannya ke surat kabar.

Namun, penyelidik hanya mengerjakan kasus berdasarkan jumlah tujuh korban, dengan lima orang yang terbunuh. Pelaku ini disebut-sebut melakukan sedikitnya 37 pembunuhan di beberapa tempat berbeda.

Siapa Zodiac Killer?

Zodiac Killer diyakini sebagai pria California yang memberikan julukan itu pada dirinya sendiri untuk menyembunyikan identitasnya dari pihak berwenang.

Dia diketahui telah menargetkan setidaknya tujuh korban - tiga pasangan dan seorang sopir taksi sendirian. Dua dari mereka selamat dari serangan senjata dan pisau.

Pembunuh yang sama telah dikaitkan dengan sebanyak 28 pembunuhan. Pelaku sendiri mengklaim telah membunuh 37 orang melalui surat di surat kabar.

Dikutip dari The Sun, beberapa peneliti telah menduga Zodiac Killer adalah seorang pedofil mantan anggota Angkatan Laut AS. 

Dia telah diberhentikan tanpa hormat dari Angkatan Laut AS dan juga dipecat sebagai guru sekolah dasar setelah tuduhan pelanggaran seksual.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com