Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan Selamat Para Pemimpin Dunia untuk Joe Biden dan Kamala Harris

Kompas.com - 08/11/2020, 13:50 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon Presiden Amerika Serikat yang diusung Partai Demokrat, Joe Biden, mendapatkan 290 suara elektoral, Sabtu (7/11/2020).

Pemenang Pilpres AS harus memperoleh minimal 270 suara elektoral untuk menjadi Presiden Amerika Serikat.

Dengan hasil ini, Biden hampir dipastikan mengalahkan kandidat petahana, Donald Trump.

Berbagai ucapan selamat dari segala penjuru dunia disampaikan untuk Biden dan pasangannya, Kamala Harris.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau hingga Perdana Menteri Irak menyampaikan ucapan selamat untuk pasangan ini.

Seperti apa ucapan selamat untuk mereka?

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

Dilansir dari Reuters, Minggu (8/11/2020), Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memberikan ucapan selamat kepada Biden melalui akun Twitter-nya, @JustinTrudeau.

"Atas nama Pemerintah Kanada, saya mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas terpilihnya mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS berikutnya. Kanada dan AS menikmati hubungan yang luar biasa-yang unik di panggung dunia. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih, Biden, Wakil Presiden terpilih Harris, pemerintahan mereka, dan Kongres AS saat kita menangani tantangan terbesar dunia bersama-sama," tulis Trudeau dalam twitnya, Minggu (8/11/2020).

Perdana Menteri India Narendra Modi

Perdana Menteri India Narendra Modi menunjukan jari tangannya yang telah tercelup tinta setelah memberikan suaranya di TPS di Ahmedabad, negara bagian Gujarat, Selasa, 23 April 2019AFP/File / PUNIT PARANJPE Perdana Menteri India Narendra Modi menunjukan jari tangannya yang telah tercelup tinta setelah memberikan suaranya di TPS di Ahmedabad, negara bagian Gujarat, Selasa, 23 April 2019
Perdana Menteri India, Narendra Modi juga memberikan ucapan selamat kepada Biden dan Harris melalui akun Twitter-nya, @narendramodi.

Ia berharap, hubungan India dan AS akan lebih baik ke depannya.

"Selamat sedalam-dalamnya @Kamalaarris! Keberhasilan Anda sungguh luar biasa, dan merupakan kebanggaan yang sangat besar tidak hanya untuk anak-anak Anda, tetapi juga untuk semua orang India-Amerika. Saya yakin bahwa hubungan India-AS yang bersemangat akan semakin kuat dengan dukungan dan kepemimpinan Anda," tulis Modi kepada Harris.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga memberikan ucapan selamat kepada Biden-Harris.

Ia berharap, Inggris dan AS dapat bekerja sama secara erat dari bidang perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan.

"Selamat kepada Joe Biden atas pemilihannya sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada Kamala Harris atas pencapaian bersejarahnya. AS adalah sekutu terpenting kita dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kita, dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan," ujar Johnson.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga turut memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Biden menjadi Presiden AS dan Harris sebagai Wapres AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com