Menang Pilpres AS, Kapan Joe Biden Dilantik Jadi Presiden dan Berkantor di Gedung Putih?

Kompas.com - 08/11/2020, 12:02 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama istrinya, Dr Jill Biden, melambaikan tangan ke arah suporter setelah memberikan pidato dari Chase Center di Wilmington, Delaware, pada 7 November 2020. Setelah empat hari dengan tensi tinggi di Pilpres AS, Biden terpilih sebagai pemenang mengalahkan petahana Donald Trump. AFP PHOTO/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/Andrew Harnik/POOLPresiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama istrinya, Dr Jill Biden, melambaikan tangan ke arah suporter setelah memberikan pidato dari Chase Center di Wilmington, Delaware, pada 7 November 2020. Setelah empat hari dengan tensi tinggi di Pilpres AS, Biden terpilih sebagai pemenang mengalahkan petahana Donald Trump.

KOMPAS.com - Calon Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Kamala Harris, hampir pasti memenangi Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020.

Berdasarkan data perolehan suara elektoral yang ditampilkan The Associated, Sabtu  (7/11/2020), Joe Biden-Kamala Harris memimpin dengan perolehan suara elektoral sebanyak 290, sedangkan rivalnya, Donald Trump-Mike Pence jauh tertinggal dengan 214 suara elektoral.

Untuk menjadi pemenang dalam Pemilihan Presiden AS 2020, pasangan calon harus mengantongi minimal 270 suara elektoral.

Dengan perolehan suara saat ini, Biden-Harris hampir dipastikan akan menjadi pemenang Pilpres AS 2020.

Setelah dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS, kapan keduanya akan dilantik dan resmi bertugas menggantikan Donald Trump? 

Presiden dan Wapres terpilih AS baru akan dilantik dan secara resmi bertugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS pada Januari 2021.

Baca juga: Joe Biden Menang Pemilu AS, Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Berdasarkan laman resmi Pemerintah AS, pelantikan itu akan dilakukan pada 20 Januari 2021.

Jadwal ini berdasarkan alur yang selama ini sudah berjalan di AS. Dalam periode 4 tahunan, seorang presiden dan wakil presiden terpilih akan dilantik pada 20 Januari atau 21 Januari, jika tanggal 20 bertepatan dengan hari Minggu.

Lokasi pelantikan adalah di Gedung Capitol, Washington DC.

Pada hari itu, sang wakil presiden terpilih akan lebih dahulu dilantik dengan mengucapkan sumpah jabatan yang sudah diucapkan dalam setiap pelantikan pejabat negara di AS sejak 1884.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X