Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghitungan Suara Masih Dilakukan, Kapan Hasil Akhir Pilpres AS Diumumkan?

Kompas.com - 06/11/2020, 19:05 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelaran pesta demokrasi empat tahunan di Amerika Serikat untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden masih berlangsung.

Pada pemilihan umum Presiden AS kali ini, ada dua calon presiden yang bertarung, yaitu petahana Donald Trump yang mewakili Partai Republik dan Joe Biden yang mewakili Partai Demokrat.

Pertarungan antara kedua kandidat dalam memperebutkan kemenangan sangatlah ketat.

Baca juga: Tidak Menang dengan Suara Terbanyak, Bagaimana Memenangi Pemilu AS?

Sebagai informasi, pemilihan umum di AS pada dasarnya bukan tentang siapa yang memperoleh suara terbanyak dari rakyat, tetapi mereka yang memperoleh 270 suara di Electoral College.

Hingga kini, penghitungan suara elektoral pun masih terus berjalan. 

Mengutip laporan The Guardian, Jumat (6/11/2020) pukul 15.30, Biden masih memimpin dengan 264 suara. Sementara, Trump memperoleh 214 suara.

Baca juga: Saat Joe Biden Pecahkan Rekor Suara Terbanyak, Salip Obama di Pilpres 2008...

Lantas, kapan hasil akhir dari pemilihan umum ini akan diketahui?

Pemilu 2020

Peta Electoral College Pilpres AS 2020 yang menunjukan skenario kemenangan Joe Biden dengan menyapu swing states Rust Belt yang akan memberikannya 290 electoral votes Istimewa Peta Electoral College Pilpres AS 2020 yang menunjukan skenario kemenangan Joe Biden dengan menyapu swing states Rust Belt yang akan memberikannya 290 electoral votes

Berbeda dengan pemilu sebelumnya, pengumuman hasil akhir dari Pilpres AS tahun ini diperkirakan memakan waktu yang lebih lama.

Pada pemilu 2016, Trump diumumkan menjadi pemenang setelah berhasil unggul di Wisconsin dan memperoleh lebih dari 270 suara elektoral.

Melansir Independent, Jumat (6/11/2020), hingga hari terakhir kampanye, hampir 100 juta atau tepatnya 97,1 juta penduduk memberikan suaranya melalui pos karena adanya pandemi corona.

Baca juga: Lawan Trump di Pilpres AS 2020, Berikut Sepak Terjang Joe Biden

Beberapa negara bagian akan menghitung surat suara tersebut setelah pemilihan asalkan tanggal pos tidak melebihi tenggat yang telah ditentukan sebelumnya.

Di negara bagian Washington misalnya, surat suara dari pos ini masih dapat dihitung hingga 23 November.

Sementara, di Alaska, petugas yang berwenang tidak memulai penghitungan surat suara pos ini hingga sekitar 10 November.

Baca juga: Mengenal Sosok Kamala Harris, Calon Wakil Presiden Kulit Hitam Pertama di AS

Waktu pengumuman hasil akhir

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden selama debat perdana Pilpres AS di Case Western University and Cleveland Clinic di Cleveland, Ohio, pada 29 September 2020.AP PHOTO/Julio Cortez Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden selama debat perdana Pilpres AS di Case Western University and Cleveland Clinic di Cleveland, Ohio, pada 29 September 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com