Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara China Bangkit di Tengah Wabah Corona: Dari Video Kentut hingga Nyanyian Jackie Chan dkk

Kompas.com - 09/02/2020, 07:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wabah virus corona masih terus mengalami peningkatan. Tercatat, jumlah kasus terkonfirmasi per Sabtu (08/02/2020) malam adalah sebanyak 34.992 dengan jumlah kematian sebanyak 725 orang.

Di tengah berita-berita tragis mengenai bagaimana virus itu menyebar di China, media yang dikelola pemerintah RRC, Global Times, mencoba menyelipkan postingan informasi dengan nada yang lebih santai dan menghibur kepada masyarakat.

Salah satunya adalah postingan tentang bagaimana sensor inframerah yang digunakan untuk mendeteksi suhu bisa melihat orang kentut.

Dalam sensor tersebut terlihat bagaimana kentut terlihat seperti gumpalan gas berwarna merah.

Video tersebut memperlihatkan beberapa cuplikan video seseorang yang tengah berjongkok mengurus barangnya tengah kentut, seorang anjing juga terlihat tertangkap kamera tengah buang angin.

Baca juga: Virus Corona Merebak, Rumah Sakit China Berikan Layanan Medis Online

Video itu juga menyertakan lagu bernada lucu, dan bunyi mirip kentut setiap gas berwarna merah terlihat keluar.

“Tak bisa kentut? Baiklah, cobalah untuk mengupayakannya dengan keras, karena pengukur suhu infra merah yang digunakan sebagai sensor telah dipasang di bandara dan stasiun kereta untuk memantau suhu penumpang di tengah wabah #coronavirus bisa mendeteksi apapun,” tulis narasi yang disertakan dalam video tersebut.

Dilansir dari The Guardian media pemerintah China belakangan telah mengeluarkan serangkaian pesan positif, termasuk sejumlah video klip tentang upaya negara itu dalam memerangi virus.

Dalam sebuah pernyataan tentang pertemuan komite pusat partai Komunis pada Hari Senin, Presiden China, Xi Jinping menyerukan tentang penyampaian informasi kepada publik.

Ia mengatakan para pejabat tak hanya harus mempublikasikan dan melaporkan pengambilan keputusan dan bagaimana upaya efektif pemerintah. 

Tetapi juga harus menceritakan kisah-kisah menyentuh dari upaya pencegahan mereka yang melawan virus di garis depan.

Serta, menceritakan kisah perjuangan China menghadapi wabah sekaligus menunjukkan semangat persatuan rakyat China.

Sementara itu, pada Hari Senin, aktor Hollywood, Jackie Chan menjadi bintang di salah satu video patriotik yang membangkitkan semangat terkait upaya untuk menangkal virus corona dalam tajuk “Kita akan mengatasi kesulitan bersama”. 

Bersama artis-artis China lainnya Jackie melakukan rekaman lagu dengan lirik bahasa Mandarin. Namun juga diberikan judul dalam bahasa Inggris 'Believe Love Will Triumph"

Lagu dalam video tersebut mengajak orang-orang China untuk menenangkan diri, selalu semangat dan tak pernah membiarkan hidup berhenti.

Video yang lain yang dirilis oleh CGTN, mengatakan orang memilih tetap di Wuhan karena cinta, orang-orangnya, serta rasa tanggung jawab.

“Semua orang bersatu dan kami akan bekerja sama untuk memerangi virus corona,” keterangan dalam video tersebut

“Saya percaya semuanya akan kembali normal. Bunga sakura akan mekar, jalan-jalan akan sibuk dan orang-orang akan menikmati mie kering panas untuk sarapan di restoran. ” lanjutnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com