Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beraktivitas Luar Ruangan Saat Cuaca Panas? Ini Cara untuk Tetap Bugar

Kompas.com - 29/09/2019, 12:55 WIB
Rosiana Haryanti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beraktivitas saat cuaca sedang panas memang cukup menyebalkan. Apalagi, cuaca panas dengan sengatan matahari bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit.

Namun ada beberapa orang yang terpaksa beraktivitas di luar ruangan bahkan saat cuaca sedang terik.

Bagi Anda yang memiliki kegatan di luar ruangan, pastikan Anda menggunakan pakaian berwarna terang, ringan, serta longgar.

Melansir heart.org, selain itu, apabila cuaca cukup terik, lindungi bagian kepala dengan kacamata htam, topi, atau pelindung. Jangan lupa gunakan tabir surya yang tahan keringat.

Tips lain yang dapat Anda terapkan adalah sering-sering beristirahat di tempat teduh. Jangan lupa untuk minum sebelum Anda merasa haus untuk mencegah dehidrasi.

Baca juga: Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas, Adakah Bahayanya?

Namun jika Anda tidak terbiasa dengan panas, biarkan tubuh beradaptasi selama 4-14 hari.

Jangan paksakan tubuh untuk langsung beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas, jika Anda tidak terbiasa sebelumnya.

Cuaca panas juga membuat berbagai penyakit. Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi tubuh khususnya jika memiliki riwayat penyakit kardiovaskular, diabetes, atau penyakit kronis lainnya.

Selain itu, konsultasikan pula ketahanan tubuh terhadap panas jika Anda megonsumsi obat-obatan khusus.

Sebelum dan sesudah beraktivitas, konsumsi makanan atau camilan ringan yang bisa membuat Anda tetap tenang, seperti buah dingin, jus buah, salad dingin berisi sayurang dan kacang-kacangan, sayuran mentah seperti mentimusn dan wortel.

Anda juga bisa mengonsumsi air soda dingin dengan irisan jus buah atau jeruk.

Konsumsi vitamin bisa membuat tubuh lebih bugar. Anda bisa memakan vitamin seperti astaxanthin untuk memperoleh perlindungan ekstra dari sengatan matahari.

Melansir Hello Sehat, astaxanthin adalah antioksidan (sekaligus pigmen) ampuh yang diproduksi oleh alga air untuk merespons sinar UV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com