Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering mengeluh di Tempat Kerja? Kurangi dengan Cara Ini

Kompas.com - 21/08/2019, 18:12 WIB
Rosiana Haryanti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Seperti sifat manusia yang tidak pernah merasa puas, keluhan juga hampir selalu ada di mana saja, tak terkecuali di tempat kerja.

Dalam beberapa hal, keluhan bisa berubah menjadi manfaat jika disampaikan dengan benar. Namun hal ini juga bisa membuat suasana kerja menjadi tidak menyenangkan.

Dilansir dari CNN, Rabu (21/8/2019), pelatih karier, Brandon Smith mengatakan, ketika Anda mulai bekerja dengan sikap negatif, maka hal ini akan memengaruhi rekan kerja di sekitar. Untuk itu, jika Anda ingin mengurangi keluhan di kantor lakukan langkah berikut:

Membatasi komentar terhadap hal negatif di tempat kerja

Untuk mengurangi keluhan di kantor, Anda bisa merenungkan banyaknya percakapan negatif di kantor.

Jika hal ini menjadi kebiasaan atau sudah dianggap umum di lingkungan kerja, maka berusahalah untuk menyeimbangkannya dengan komentar-komentar yang lebih positif.

Baca juga: Punya Masalah di Tempat Kerja? Coba Cek Ini

"Orang-orang ingat apa yang Anda katakan dan sikap ini akan bertahan lama," ujar penulis buku Love Your Job: The New Rules for Career Happines, Kerry Hannon.

Selain itu, selalu tambahkan pikiran positif ketika mengomentari sesuatu. Penulis buku The Power of Positive Leadership, Jon Gordon memberikan contoh, misalnya hari ini hujan dan Anda tidak menyukainya, maka berilah tanggap positif akan hal tersebut.

"Misalnya: hujan dan saya benar-benar berharap untuk perjalanan yang menyenangkan. Selain itu, halaman rumah memang perlu disiram," ucap Gordon.

Ia menuturkan, ketika komentar negatif mulai melingkupi obrolan di tempat kerja, maka sebaiknya tahan dorongan untuk ikut serta membicarakannya.

Menawarkan solusi

Beberapa keluhan yang terjadi di tempat kerja itu memang ada dan tidak bisa dihindari. Bahkan hal ini dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja.

Namun jika keluhan tersebut sudah sering terjadi, maka Anda bisa membentengi diri dengan memikirkan solusi dibanding berkutat hanya pada keluhan.

"Jika Anda mengeluh, maka Anda tidak bisa memimpin (diri sendiri). Anda harus fokus pada solusi positif dibanding hal-hal negatif yang ada," ujar Gordon.

Memiliki kegiatan lain di luar tempat kerja

Sesuatu yang dinantikan biasanya menyenangkan. Jika Anda memang sudah lelah dengan tempat kerja, maka cari kegiatan lain yang dapat mengalihkan fokus Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba sesuatu yang menantang. Terjebak pada rutinitas harian biasanya membuat seseorang mudah mengeluhkan segala sesuatu. Untuk itu, Anda bisa mencoba menawarkan tugas baru atau mengikuti pelatihan.

"Begitu kita keluar dari zona nyaman kita, adrenalin menyala dan kita tidak punya waktu untuk mengeluh tentang pekerjaan," ujar Gordon.

Baca juga: Bermasalah di Tempat Kerja, Bagaimana Cara Protes?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com