Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simbol Bahan Kimia Biohazard: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 28/02/2024, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ada berbagai jenis bahan kimia yang disimbolkan dengan gambar tertentu, salah satunya adalah bahan kimia biohazard. Apa yang dimaksud dengan simbol bahan kimia biohazard? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian simbol bahan kimia biohazard

Simbol bahan kimia biohazard adalah simbol yang menunjukkan bahan kimia bahaya biologis.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, simbol bahan kimia biohazard diciptakan pada tahun 1966 oleh insinyur kesehatan lingkungan bernama Charles Baldwin.

Simbol bahan kimia berbahaya berupa tiga lingkaran dengan satu lingkaran di bagian tengahnya.

Baca juga: 10 Simbol Bahan Kimia dan Artinya

Menurut John F. Shroder dan Ramesh Sivanpillai dalam Biologycal and Environmental Hazards, Risks, and Disaster (2015), bahaya biologis atau biohazard adalah zat biologis yang mengancam kesehatan organisme hidup, terutama manusia.

Artinya, simbol bahan kimia biohazard menandakan bahwa bahan kimia yang ada di dalamnya adalah zat biologis yang berbahaya bagi kesehatan.

Misalnya, virus, bakteri, microorganisme, racun dari sumber biologis, limbah mikrobiologi dan patologis, serta kotoran dari organisme hidup.

Baca juga: Patogen: Jenis dan Cara Mencegahnya

Tingkatan bahan kimia biohazard

Menurut Marlon L. Bayot dan Kevin C. King dalam Biohazard Levels (2022), bahan kimia biohazard terdiri dari empat tingkatan yaitu:

  • Biohazard tingkat 1: mencakup virus, bakteri, dan bakteri tidak menular yang memberikan ancaman minimal seperti Eschericia coli, Bacillus subtilis, dan Naeglaria gruberi.
  • Biohazard tingkat 2: mencakup mikroorganisme yang menyebabkan infeksi dan menular seperti hepatitis, penyakit Lyme, HIV, salmonella, dan demam berdarah.
  • Biohazard tingkat 3: mencakup mikroorganisme yang berakibat fatal tetapi ada vaksin dan pengobatannya. Seperti malaria, demam kuning, dan tuberkulosis.
  • Biohazard tingkat 4: mencakup virus berbahaya yang mengancam jiwa seperti ebola, Marburg, demam lassa, dan demam berdarah bolivia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com