Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Strategis: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 28/02/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi strategis adalah ilmu yang mempelajari semua proses dan bentuk komunikasi dalam kaitannya dengan bisnis atau perusahaan.

Secara garis besar, komunikasi strategis digunakan perusahaan, ketika mereka ingin mengambil keputusan terkait unit bisnisnya.

Apa itu komunikasi strategis dan apa saja contoh komunikasi strategis?

Pengertian komunikasi strategis

Menurut Moh. Erfan Arif dan Rila Anggraeni dalam buku Strategi Bisnis (2023), komunikasi strategis adalah rangkaian perencanaan komunikasi.

Sama seperti bentuk komunikasi pada umumnya, komunikasi strategis berkaitan erat dengan interaksi, upaya pemecahan masalah, dan keinginan untuk menjalin hubungan baik dengan sesama.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Horizontal

Dikutip dari buku Public Relations di Era Digital (2021) oleh Rizanna Rosemary dkk, berikut pengertian komunikasi strategis:

"Komunikasi strategis adalah kampanye komunikasi yang terencana, atau komunikasi yang dengan sengaja dilakukan oleh organisasi."

Dalam konsep keilmuan, komunikasi strategis adalah ilmu yang berkaitan dengan proses komunikasi bisnis atau perusahaan.

Namun, jika ditelusur lebih jauh, komunikasi strategis sebenarnya adalah kampanye atau rangkaian perencanaan komunikasi bisnis.

Oleh karena itu, dalam mata kuliah komunikasi strategis, mahasiswa akan mempelajari gambaran besar rancangan komunikasi bisnis atau perusahaan.

Baca juga: Arus Komunikasi: Pengertian dan Fungsinya

Contoh komunikasi strategis

Sebagai gambaran, contoh komunikasi strategis, yakni perusahaan yang ingin melakukan kampanye produksi barangnya.

Dalam komunikasi strategis, perusahaan akan merancang bagaimana pesan kampanyenya bisa tersampaikan dengan baik kepada khalayak.

Contoh, strategi komunikasi apa yang akan digunakan, jangka waktunya berapa lama, siapa penanggung jawabnya, lokasinya di mana saja, dan berapa target yang diharapkan.

Intinya, komunikasi strategis lebih mengarah pada perancangan kampanye komunikasi bisnis atau perusahaan.

Baca juga: Apa itu Bad News dalam Komunikasi Bisnis?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com