Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian 4 Pelaku Ekonomi beserta Peranannya

Kompas.com - 19/02/2024, 19:39 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sistem ekonomi tidak dapat dijalankan bila tidak ada pelaku ekonomi.

Pelaku ekonomi adalah semua pihak baik perorangan maupun organisasi yang melakukan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Dilansir dari buku Ekonomi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (2020) oleh Basuki Darsono, pada mulanya, dalam perekonomian hanya ada dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga dan perusahaan.

Rumah tangga berfungsi sebagai konsumen sekaligus sebagai penyedia faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan lainnya.

Adapun perusahaan berfungsi sebagai pihak yang mengelola faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan rumah tangga.

Baca juga: Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Peran pelaku ekonomi

Dikutip dari buku Pengantar Ekonomi (2024) oleh Putu Riesty Masdiantini, peran dari setiap pelaku ekonomi dapat meliputi beberapa hal, yakni:

Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Aktivitas konsumsi melibatkan penggunaan barang atau jasa dengan cara mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu produk.

Konsumen memperoleh barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup dari Rumah Tangga Produsen (RTP).

Dalam konteks ekonomi Indonesia, RTK tidak hanya berperan sebagai pengguna barang dan jasa. Peran RTK dalam perekonomian Indonesia mencakup penyediaan faktor produksi, konsumsi barang dan jasa, serta pembayaran pajak kepada pemerintah.

Baca juga: 4 Macam Pelaku Ekonomi yang Berbentuk Badan Usaha

Rumah Tangga Produsen (RTP)

Peran RTP mencakup penggunaan faktor produksi, pembuatan barang dan jasa, pembayaran pajak kepada pemerintah, dan kontribusi sebagai agen pembangunan.

Rumah Tangga Pemerintah

Peran pemerintah sangat penting dalam kegiatan ekonomi suatu negara.

Pemerintah memiliki tugas untuk mengatur, mengendalikan, dan mengawasi berbagai aspek ekonomi, termasuk mengelola laju inflasi, menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok serta menetapkan kebijakan ekspor dan impor.

Rumah Tangga Pemerintah berperan sebagai produsen dan konsumen, pemerintah secara langsung dan tidak langsung memengaruhi kegiatan ekonomi, menjalankan fungsi pengatur perekonomian, serta menjadi pendorong kestabilan iklim investasi nasional.

Baca juga: Jenis-jenis Pelaku Ekonomi di Indonesia

Rumah Tangga Luar Negeri

Pelaku ekonomi dari luar negeri, mengacu pada individu atau kelompok yang terlibat dalam aktivitas ekonomi di negara asing.

Peran masyarakat luar negeri dalam aktivitas ekonomi mencakup peran sebagai eksportir dan importir barang atau jasa, eksportir dan importir faktor produksi, serta sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi negara.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan peran dari pelaku ekonomi.

Baca juga: Pelaku Ekonomi: Hubungan Antarpelaku Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com