Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah-langkah Membuat Mozaik

Kompas.com - 17/01/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Mozaik adalah karya seni yang memuat potongan-potongan kecil benda, sehingga membentuk obyek baru yang indah.

Menurut Endang Fatmawati, dkk dalam buku Pembelajaran Tematik (2022), mozaik adalah perpaduan beberapa karya seni, yakni seni lukis, kriya, dekorasi, dan menggambar.

Karya seni mozaik bisa berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Adapun, salah satu fungsi mozaik, yaitu fungsi hias dan edukatif.

Cara membuat mozaik

Secara garis besar, langkah-langkah membuat mozaik didahului dengan mempersiapkan alat dan mengumpulkan bahan.

Beberapa alat yang dibutuhkan, antara lain gunting, lem, solasi, dan kertas. Sedangkan bahan yang dibutuhkan, misalnya daun kering, potongan kertas, dan kaca.

Baca juga: Perbedaan Karya Seni Kolase, Montase dan Mozaik

Tuliskan lima langkah-langkah membuat mozaik! 

Dikutip dari buku Enviromental Literacy Sekolah Dasar (2020) oleh Uus Kuswendi dkk, berikut lima langkah-langkah membuat mozaik:

  • Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Cara membuat mozaik yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti gunting, lem, kertas, batu, daun kering, serta kaca.

  • Buat pola gambarnya

Langkah-langkah membuat mozaik yang berikutnya ialah membuat pola gambar. Buatlah pola ini pada selembar kertas atau bidang datar.

  • Potong bahan 

Setelah itu, potong bahan yang memang bisa dipotong, seperti kertas dan daun kering. Namun, untuk bahan yang tidak bisa dipotong, harus disesuaikan dengan pola gambarnya.

Baca juga: Pengertian dan Proses Pembuatan Karya Seni Mozaik

Misal, ingin membuat kerajinan tiga dimensi berupa vas mozaik potongan kaca. Maka, kaca harus dipersiapkan sedemikian rupa agar pas ukurannya, dan tidak membahayakan.

  • Tempel bahan pada kertas atau bidang datar 

Cara membuat mozaik selanjutnya, yakni menempel bahan yang telah dipotong atau disiapkan, pada kertas atau bidang datar.

  • Susun dengan baik 

Terakhir, langkah-langkah membuat mozaik ialah menyusun potongan dan tempelan bahan pada kertas, serta kombinasikan warnanya agar serasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com