Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya AM dan PM?

Kompas.com - 20/12/2023, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Am dan pm merupakan dua istilah waktu yang sering digunakan oleh beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Australia, dan lain-lain.

Sederhananya, am merupakan singkatan dari ante meridem berarti sebelum tengah hari. Sedangkan pm artinya setelah tengah hari.

Apa bedanya am dan pm?

Perbedaan am dan pm

Dilansir dari situs Splash Learn, am dan pm adalah format waktu 12 jam. Dikatakan demikian, karena ada negara di dunia yang memakai format 24 jam, contohnya Indonesia.

Misal, dalam format 24 jam, kita menyatakan waktu pukul 9 malam dengan 21.00, dan 09.00 untuk pagi hari.

Baca juga: Bedanya AM dan PM Serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Namun, beda halnya dengan format waktu 12 jam. Sebab, format ini hanya membagi waktu menjadi dua, yaitu jam 00.00-11.59 dan jam 12.00-23.59.

Bedanya am dan pm terletak pada waktunya. Am merujuk pada waktu sebelum tengah hari. Sedangkan pm adalah waktu setelah tengah hari.

Dikutip dari situs Time and Dateante meridiem biasanya dilambangkan dengan AM, am, atau a.m. Sedangkan post meridiem disingkat dengan PM, p.m., atau pm.

Biasanya waktu am dimulai dari jam 12 malam hingga 12 siang. Sedangkan waktu pm dimulai dari jam 12 siang hingga 12 malam.

Perbedaan am dan pm juga terletak pada kepanjangan katanya.

Baca juga: 5 Manfaat Orang yang Disiplin Waktu

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, am merupakan singkatan dari ante meridiem. Sementara pm adalah singkatan dari post meridiem.

Jika disimpulkan, bedanya am dan pm adalah am merujuk pada waktu dari tengah malam hingga siang. Sementara pm menunjukkan waktu dari siang hingga tengah malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com