Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

Kompas.com - 13/12/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Semrush

KOMPAS.comSearch Engine Marketing atau yang sering disingkat SEM, adalah jenis pemasaran yang dilakukan lewat mesin pencari.

Tujuan SEM hampir sama dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni optimasi situs agar berada di peringkat teratas mesin pencari.

Apa itu search engine marketing?

Definisi search engine marketing 

Ilustrasi contoh SEM (Search Engine Marketing). Bagian yang bertuliskan Iklan merupakan contoh SEM di mesin pencari Google.KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri Ilustrasi contoh SEM (Search Engine Marketing). Bagian yang bertuliskan Iklan merupakan contoh SEM di mesin pencari Google.

Menurut Ivonne Ayesha, dkk dalam buku Digital Marketing (2022), search engine marketing adalah proses pemasaran lewat mesin pencari digital.

SEM berkaitan dengan arus lalu lintas pengunjung dan pengguna situs media sosial perusahaan yang turut melibatkan pihak lain di luar perusahaan.

Baca juga: SEM (Search Engine Marketing): Pengertian dan Contohnya

Pada dasarnya, praktik ini diterapkan dengan rumus algoritma, agar data dapat diproses dengan tepat juga akurat.

Dikutip dari buku Digital Marketing Strategy (2023) oleh Iqbal Ramadhani Mukhlis dkk, berikut pengertian search engine marketing (SEM):

"SEM adalah pemasaran online yang menggunakan serangkaian teknik, agar sebuah halaman web bisa berada di lokasi menguntungkan pada halaman mesin pencari."

Pengertian search engine marketing adalah bentuk promosi organisasi lewat mesin pencari, dengan menyuguhkan konten yang relevan.

Dilansir dari situs Semrush, SEM adalah strategi pemasaran digital, yang ditujukan untuk menaikkan visibilitas online situs web pada halaman mesin pencari.

Baca juga: Search Engine: Definisi dan Cara Kerjanya

Biasanya search engine marketing berbentuk iklan penelusuran yang letaknya di atas hasil penelusuran organik (tidak berbayar).

Search engine marketing adalah metode promosi dan periklanan yang ditujukan untuk membantu pemeringkatan konten pada mesin pencari.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian search engine marketing, yakni:

"Search engine marketing adalah metode promosi yang dilakukan secara berbayar, untuk meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com