Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Logam Natrium dan Air

Kompas.com - 20/11/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Jika logam natrium dimasukkan ke dalam air, reaksi yang akan terjadi adalah …

  1. Na(s) + H2O(l) → NaO(s) + H2(g)
  2. 2Na(s) + H2O(l) → Na2O(s) + 2H2 (g)
  3. 2Na2(s) + 2H2O(l) → 2NaOH(aq) + H2(g)
  4. 2Na(s) + 2H2O(l) → Na2O2(s) + 2H2(g)
  5. 4Na(s) + 2 H2o(l) → 4NaH(s) + O2(g)

Jawabannya adalah c. 2Na2(s) + 2H2O(l) → 2NaOH(aq) + H2(g). Untuk mengetahui alasannya, simaklah penjelasan reaksi logam natrium dan air di bawah ini!

Baca juga: Logam Alkali: Unsur dan Sifat-sifatnya

Natrium (Na) adalah logam alkali yang bereaksi secara kuat dengan air (H2O). Ketika dimasukkan ke dalam air, natrium akan mengapung di permukaan air.

Natrium kemudian bereaksi dengan air. Reaksi natrium dan air bersifat eksotermik, artinya reaksi tersebut mengeluarkan panas.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, natrium memiliki titik didih yang rendah sehingga panas yang dikeluarkan membuatnya hampir meleleh dan membentuk bola berwarna keperakan.

Bola tersebut bergerak dengan cepat di atas permukaan air, mendesis, dan juga memantul. Selain melepaskan panas, reaksi natrium dengan air juga melepaskan gas hidrogen (H2).

Baca juga: Mengapa Gas Hidrogen Mudah terbakar?

Panas yang dilepaskan ke atmosfer (mengandung oksigen) menyebabkan gas hidrogen terbakar denyawa nyala api berwarna oranye.

Dilansir dari Harvard Natural Sciences Lecture Demonstrations, satu atau tiga detk setelah terbakar, bola natrium akan meledak dengan ledakan dan kilatan kuning, juga sulur asap yang mebubung.

Ledakan tersebut membuat reaksi natrium dan air menjadi berbahaya.

Adapun, jika diperhatikan selama bola natrium bergerak akan terlihat jejak berwarna putih. Hal tersebut dikarenakan reaksi natrium dan air yang menghasilkan natrium hidroksida.

Baca juga: Sifat-sifat Natrium Hidroksida

Dilansir dari Chemistry Talk, natrium hidroksida kemudian larut dalam air membentuk larutan basa tak berwarna berupa alkali yang kuat.

Adapun, reaksi natrium dan air dapat dituliskan dalam persamaan berikut:

2Na (s) + 2H2O → 2NaOH (aq) + H2 (g).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com