Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Kompas.com - 13/11/2023, 14:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Dikutip dari buku Pergulatan Intelektualitas untuk Politik dan Demokrasi (2021) oleh Mahendra Kusuma, konsep demokrasi sudah dikenal sejak abad ke 5 SM.

Dijelaskan bahwa awalnya demokrasi sebagai respons terhadap pengalaman buruk pemerintahan monarki dan kediktatoran di negara-negara kota di zaman Yunani kuno.

Berikut pengertian demokrasi menurut para ahli:

Baca juga: Mengapa Anak Muda Harus Berpartisipasi dalam Demokrasi?

Joseph A. Schmeter

Dilansir dari buku Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (2022) oleh Suarlin dan Fatmawati, demokrasi merupakan suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik di mana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan dengan cara perjuangan komperatif atas suara rakyat.

Sidney Hook

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintahan yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

Baca juga: Kenapa Indonesia Disebut Negara Demokrasi? Ini Penjelasannya ....

Phillipe C. Schmitter dan Terry Lynn Karl

Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan di mana pemerintahan dimintai tanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka di wilayah publik oleh warga negara, yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetisi dan kerja sama dengan para wakil mereka yang telah terpilih.

Aristoteles

Demokrasi adalah suatu negara, suatu kebebasan karena melalui kebebasan lah setiap warga negara bisa saling berbagi kekuasaan di dalamnya.

Abraham Lincoln

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Baca juga: Apa Arti Suara dalam Konteks Demokrasi? Ini Penjelasannya ....

Hans Kelsen

Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat, dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com