Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ciri-ciri Teks Laporan

Kompas.com - 01/11/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teks laporan adalah tulisan yang memuat pemaparan hasil kegiatan, observasi, atau penelitian.

Disebut teks laporan karena teks ini berisi pemaparan secara rinci mengenai kegiatan, observasi, atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

Menurut Fitri Puji Rahmawati dalam buku Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (2023), teks laporan adalah teks yang berisi pengelompokan suatu obyek ke dalam kelas atau subkelas.

Jenis teks ini berbeda dengan teks deskripsi yang sifatnya lebih khusus, sementara teks laporan itu sendiri bersifat umum.

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia Akademis (2022) karya Ahmad Fadly, teks laporan adalah teks yang memuat realisasi kegiatan atau penelitian, yang disusun secara sistematis, obyektif, serta logis.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud dengan Teks Laporan Investigasi?

Ciri-ciri teks laporan

Secara spesifik, teks laporan dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain teks laporan penelitian dan teks laporan hasil observasi.

Tuliskan 3 ciri-ciri teks laporan

Berikut ciri-ciri teks laporan:

  • Dibuat berdasarkan fakta

Salah satu ciri teks laporan, yakni dibuat berdasarkan fakta. Artinya teks laporan hanya bisa disusun jika sang penulis melakukan observasi atau penelitian.

  • Isinya mengenai laporan

Ciri-ciri teks laporan berikutnya adalah teks ini berisi laporan, utamanya soal kegiatan, observasi, atau penelitian.

Teks laporan juga bisa memuat hasil percobaan terhadap suatu obyek tunggal, seperti percobaan membuat telur asin atau kerajinan tangan.

Baca juga: Perbedaan Teks Laporan dengan Teks Deskripsi

  • Menggunakan bahasa yang jelas dan baku

Salah satu ciri teks laporan adalah disusun dengan bahasa yang jelas dan baku. Usahakan untuk memakai bahasa Indonesia yang jelas dan baku.

Jelas artinya mampu menerangkan segala sesuatu dengan tepat agar mudah dipahami. Sedangkan baku berarti memakai bahasa yang sesuai ejaan bahasa Indonesia.

Selain itu, ciri-ciri teks laporan lainnya adalah ditulis secara lengkap, menarik, dan biasanya memiliki struktur penulisan yang jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com