Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Ahli

Kompas.com - 13/10/2023, 04:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPsikologi pendidikan adalah salah satu cabang dari psikologi yang merupakan ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku manusia dalam proses belajar-mengajar dan berkaitan dengan ilmu mengajar.

Dalam proses mengajar, para pendidik dituntut untuk mempunyai pengetahuan yang memadai tentang materi yang diajarkannya, serta menguasai berbagai metode dalam penyampaian.

Hal tersebut dilakukan supaya apa yang mereka sampaikan mudah dipahami dan dapat dimengerti oleh anak didik.

Maka dari itu, penguasaan terhadap ilmu jiwa pendidikan (psikologi pendidikan) merupakan suatu tuntutan bagi orang-orang yang menggeluti dunia pendidikan.

Baca juga: 7 Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Agar lebih mudah memahaminya, berikut definisi psikologi pendidikan menurut ahli, yaitu:

  • Menurut Whetherington (1982)

Whetherington memandang psikologi pendidikan adalah sebuah studi yang sistematis mengenai proses-proses dan faktor-faktor yang berkaitan dengan pendidikan manusia.

  • Menurut Winkel (1983)

Winkel mengartikan psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari prasyarat-prasyarat (faktor-faktor) bagi pelajar di sekolah, berbagai jenis belajar dan fase-fase yang ada dalam semua proses belajar.

  • Menurut Good (1954)

Menurut Good, psikologi pendidikan merupakan suatu kajian mengenai hakikat belajar.

  • Menurut Muhibin Syah (2002)

Muhibin Syah mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai suatu disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang ada dalam dunia pendidikan.

Baca juga: Psikologi Komunikasi: Pengertian dan Penggunaannya

  • Menurut Crow dan Crow (1958)

Crow dan Crow memaparkan bahwa psikologi pendidikan dapat dipandang sebagai ilmu pengetahuan praktis yang berguna untuk menerangkan belajar sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan secara ilmiah dan fakta-fakta sekitar tingkah laku manusia.

  • Menurut Abror (1993)

Menurut Abror, psikologi pendidikan adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia yang berlangsung dalam proses belajar-mengajar.

  • Menurut Sumadi Surya (1984)

Menurut Sumadi Surya, psikologi pendidikan yaitu sebuah pengetahuan psikologi tentang anak didik dalam situasi pendidikan.

  • Menurut Elliot (1999)

Elliot berpendapat bahwa psikologi pendidikan adalah penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran, dan permasalahan yang muncul di dalam dunia pendidikan.

  • Menurut Barlow (1985)

Syah menyampaikan bahwa menurut Barlow, psikologi pendidikan adalah suatu pengetahuan berdasarkan riset psikologi yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu seorang guru dalam proses belajar-mengajar secara lebih efektif.

  • Menurut Tardif dalam Syah (1997)

Menurut Tardif, psikologi pendidikan yakni suatu bidang studi yang berkaitan dengan penerapan pengetahuan mengenai perilaku manusia dalam berbagai usaha kependidikan.

Baca juga: 10 Pengertian Akuntansi Menurut Ahli

 

Referensi:

  • Uyun, M. & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Sleman: Deepublish.
  • Rizki, M.dkk. (2022). Psikologi Pendidikan. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
  • Magdalena, I. (2021). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sukabumi: CV. Jejak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com