Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Multitasking: Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 11/10/2023, 06:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Multitasking adalah perilaku manusia ketika mengerjakan tugas-tugas secara bersamaan dalam waktu yang sama dengan harapan supaya tugas-tugas tersebut dapat segera selesai.

Dalam melakukan multitasking, seseorang akan cenderung untuk memberikan perhatiannya yang lebih lama pada satu tugas, sebelum akhirnya berpindah mengerjakan tugas yang lain.

Meskipun begitu, perilaku multitasking dapat membuat perhatian kepada tugas-tugasnya menjadi tumpang tindih.

Pengertian multitasking

Kegiatan multitasking merupakan kegiatan yang terdiri dari dua tugas atau lebih yang dilakukan pada waktu yang sama.

Salah satu contoh kegiatan multitasking adalah membaca buku sambil mendengarkan musik. Beberapa ahli telah merumuskan definisi multitasking, sebagai berikut:

  • Applebaum dan Marchionni

Menurut Applebaum dan Marchionni, multitasking merupakan kondisi di mana tugas menjadi ganda (dual task) atau lebih, kemudian tugas-tugas tersebut dikerjakan secara bersamaan dalam waktu yang sama.

  • Salvucci dan Tangen

Salvucci dan Tangen berpendapat bahwa multitasking adalah ketika terdapat tugas berganda yang dikerjakan secara bersamaan hanya dalam waktu singkat.

Tugas-tugas yang dikerjakan dapat beragam, tidak hanya berupa tugas sekolah saja. Tugas yang dikerjakan dapat juga berupa tugas rumah, seperti menyetrika pakaian, mencuci piring, menyapu lantai, atau membersihkan kamar mandi.

Baca juga: Jenis-Jenis Perilaku Manusia

Perilaku multitasking sering dianggap kurang sehat. Namun, perilaku ini banyak dibutuhkan dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

Bahkan, banyak orang yang sudah merencanakan tindakan apa yang akan ia lakukan selanjutnya supaya dapat segera menyelesaikan tugasnya. Salah satunya adalah Elon Musk.

Multitasking menjadi salah satu kebiasaan yang dipercaya oleh Elon Musk. Multitasking menjadi bagian penting dari strategi Musk yang membuatnya dapat mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

Bagi Elon Musk, multitasking adalah hal yang wajib dan membantunya untuk menyelesaikan berbagai proyek dengan waktu yang singkat. Meskipun terdapat kemungkinan bahwa dia dapat merasa kewalahan.

Contoh multitasking yang ia lakukan adalah selalu mengecek email ketika bermain dengan anaknya tanpa harus mengesampingkan siapa pun.

Kelebihan dan kekurangan multitasking

Beberapa kelebihan dan kekurangan multitasking, yaitu:

Kelebihan multitasking

Kelebihan multitasking, sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com