Jenis-Jenis Perilaku Manusia

Kompas.com - 28/01/2021, 20:27 WIB
Ilustrasi jenis-jenis perilaku manusia freepik.com/macrovectorIlustrasi jenis-jenis perilaku manusia

KOMPAS.com - Hasil dari aksi dan reaksi organisme terhadap lingkungannya disebut perilaku.

Dalam buku Memahami Perilaku dan Kejiwaan Manusia (2020) karya Alvin Koswanto, perilaku manusia adalah respons terhadap stimulus yang ada.

Namun, di dalam diri indiviodu memiliki kemampuan untuk menentukan perilaku yang akan dilakukan. Jenis-jenis perilaku manusia menjadi dua bagian, yaitu:

Perilaku refleksif merupakan perilaku manusia yang ditimbulkan oleh reaksi secara spontan terhadap stimulus yang ada, maupun otomatis.

Baca juga: Teori Perilaku Manusia

Perilaku refleksif ini pada hakikatnya tidak dapat dikendalikan karena perilaku ini merupakan perilaku yang alamiah.

Contohnya, ketika jari kita secara tidak sengaja menyentuh benda panas, otomatis kita akan menarik jari kita atau Mata yang otomatis berkedip ketika terkena cahaya silau, dan sebagainya.

Di dalam perilaku refleksi juga ada perilaku naluri. Perilaku naluri merupakan gerak refleks yang kompleks atau rangkaian tahapan.

Ada tiga gejala yang menyertai perilaku naluri , seperti pengenalan, perasaan atau emosi, dorongan, keinginan atau motif, dan sebagainya.

  • Perilaku nonrefleksif

Perilaku yang dikendalikan oleh pusat kesadaran atau otak, Stimulus diterima oleh reseptor, kemudian diteruskan kepada otak untuk direspon melalui efektor.

Proses yang terjadi dalam otak dinamakan proses psikologis. Perilaku ini merupakan perilaku yang dibentuk dan dapat dikendalikan. Perilaku ini dapat berubah setiap saat sebagai hasil dari proses belajar.

Baca juga: Perilaku Manusia dan Ciri-Cirinya

Berdasarkan batasan

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, perilaku juga daoat dibedakan berdasarkan batasan. Terbagi menjadi:

Perilaku pasif juga disebut respon internal. Perilaku ini sifatnya masih tertutup, terjadi dalam individu sehingga tidak bisa diamati secara langsung. Contohnya, dalam berpikir, angan-angan, berfantasi, dan lain sebagainya.

  • Perilaku aktif

Perilaku aktif disebut dengan respon eksternal atau bersifat terbuka. Perilaku ini bisa diamati secara langsung karena tindakan nyata. Contohnya, bekerja, membaca buku, membersihkan rumah, dan lainnya.


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X