Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Fitur Geografis Terhadap Keberagaman Budaya Indonesia

Kompas.com - 11/10/2023, 03:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara yang kaya keanekaragaman hayati, nabati, serta beragam kebudayaan, adat istiadat, dengan ciri khasnya masing-masing.

Keberagaman budaya Indonesia tentu saja tidak muncul dengan sendirinya, di mana hal tersebut dihasilkan dari adanya suatu pengaruh.

Salah satu faktor yang menjadi pengaruh keberagaman budaya di Indonesia ialah fitur geografisnya.

Letak geografis biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.

Lantas, apa saja fitur-fitur geografis yang memengaruhi kebudayaan?

Fitur-fitur geografis yang memengaruhi kebudayaan antara lain letak geografis, posisi strategis, dan kondisi ekologis. Berikut penjelasannya: 

Baca juga: Keragaman Budaya: Sifat dan Manfaatnya

Letak geografis

Letak geografis adalah letak yang mengacu pada posisi bumi, berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Pengaruh letak geografis Indonesia memengaruhi berbagai kondisi, mulai dari wilayah, iklim, hingga kehidupan sosial dan budaya di Indonesia.

Keuntungan dari letak geografis Indonesia terhadap pengaruh budaya ialah memiliki pengaruh akan berbagai kebudayaan dan peradaban dunia yang masuk, sehingga mendorong terjadinya akulturasi budaya.

Baca juga: 3 Peluang dan Tantangan Letak Geografis Indonesia

Posisi strategis

Indonesia berada di persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara maupun laut, di mana posisi ini merupakan perlintasan jalur internasional sehingga banyak dilalui atau bahkan disinggahi oleh bangsa lain.

Posisi yang strategis tersebut membuat banyaknya kebudayaan asing yang masuk seperti kebudayaan Hindu-Budha hingga kebudayaan bangsa Eropa.

Melalui hal tersebut, maka terjadinya interaksi budaya Indonesia dengan budaya luar, sehingga akan menambah dan memperkaya keberagaman budaya Indonesia.

Baca juga: Jalur Sutera: Sejarah dan Posisi Indonesia

Kondisi ekologis

Kondisi ekologis adalah hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan alamnya. Luasnya wilayah Indonesia tentu membuat kondisi ekologis yang berbeda di setiap daerah.

Indonesia memiliki kondisi ekologis yang beragam seperti bentang alam, seperti pegunungan, dataran rendah, lembah, pantai, pulau-pulau besar dan kecil, danau, sungai, hutan, padang rumput dan lain-lain. 

Dengan adanya kondisi ekologis yang berbeda, Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya, diantaranya adalah adanya berbagai macam suku, agama, adat istiadat, budaya, bahasa dan lain-lain

Hal tersebut tentu membawa dampak yakni timbulnya keberagaman budaya di Indonesia, sehingga tiap daerah memiliki budaya dan ciri khasnya masing-masing.

Baca juga: Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya

 

Referensi:

  • Desy Karolina dan Rendy. 2021. Kebudayaan Indonesia. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
  • Gian Nova Sudrajat Nur. 2021. Ekologi Budaya Sebagai Wawasan Pokok dalam Pengembangan Masyarakat Untuk Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Tambora Vol. 5 No. 1.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com