Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seven Segment Display: Pengertian, Tipe dan Prinsip Dasarnya

Kompas.com - 10/10/2023, 02:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi telah memengaruhi berbagai sektor dalam kehidupan, termasuk dalam perangkat elektronika.

Salah satunya yakni hadirnya seven segment display, sebuah perangkat elektronika yang dapat menampilkan angka desimal melalui kombinasi-kombinasi segmennya.

Bahkan tanpa kita sadari seven segment display dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut penjelasan mengenai seven segment display beserta tipe dan prinsip dasarnya:

Baca juga: Apa Perbedaan Teknik Elektro dan Teknik Elektronika?

Pengertian seven segment display

Seven segment display (7 Segment Display) adalah komponen elektronika yang dapat menampilkan angka desimal maupun heksadesimal melalui kombinasi-kombinasi segmennya. 

Seven segment display terdiri dari delapan buah LED (Light Emitting Diode) yang tersusun sedemikian rupa sehingga dapat menampilkan angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 atau bahkan dapat menampilkan beberapa huruf alfabet.

Seven segment display pada umumnya dipakai pada jam digital, kalkulator, penghitung atau counter digital, multimeter digital dan juga panel display digital seperti pada microwave, oven ataupun pengatur suhu digital .

Cara kerjanya pun relatif mudah, ketika elemen tersebut diberikan gelombang listrik, maka display akan menampilkan angka atau digit yang diinginkan sesuai dengan kombinasi yang diberikan.

Baca juga: Arus Searah (DC): Pengertian dan Alat Elektronik yang Menggunakannya

Tipe seven segment display

Seven segment display membutuhkan 7 sinyal input untuk mengendalikan setiap dioda di dalamnya. Setiap dioda dapat membutuhkan input HIGH atau LOW untuk mengaktifkannya, tergantung dari jenis seven segmen display tersebut. 

Terdapat dua jenis seven segment display yaitu:

  1. Seven segment display bertipe common-cathode, apabila bertipe ini maka dibutuhkan sinyal HIGH untuk mengaktifkan setiap diodanya.
  2. Seven segment display bertipe common-annode, apabila bertipe ini maka dibutuhkan input LOW untuk mengaktifkan setiap diodanya.

Baca juga: Listrik Dinamis: Pengertian, Gambar, Rumus, dan Contohnya

Prinsip dasar seven segment display

Prinsip dasar dari seven segment display adalah inputan bilangan biner pada switch dikonversi masukan ke dalam decorder, kemudian decorder akan mengkonversi bilangan biner tersebut menjadi bilangan desimal, dan akan ditampilkan pada layar.

Decorder pada seven segment display merupakan jenis pembaca sandi yang berfungsi untuk mengkonversi dari bilangan biner menjadi bilangan desimal.

Selain itu, prinsip dasar seven segment dengan push button adalah untuk mengontrol penampilan angka pada seven segmen melalui tombol tekan.

Prinsip kerja dari saklar push button adalah akan terhubung (ON) jika ditekan dan akan terputus (OFF) jika tidak ditekan. Dalam pengaplikasian seven segment display, dapat menggunakan dua jenis push button, yakni:

  1. Push button Select, digunakan untuk menentukan jam dan menit pada seven segment.
  2. Push button Set, digunakan untuk menyimpan pilihan jam dan menit yang telah ditentukan.

Baca juga: Transmisi Tenaga Listrik: Pengertian dan Jalurnya

 

Referensi:

  • Dwiyanto. 2020. Studi Timer Digital Seven Segment Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Isu Teknologi STT Mandala Vol. 15 No. 1.
  • Sutarsi Suhaeb, dkk. 2017. Mikrokontroler dan Interface. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com