Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Algoritma dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 19/09/2023, 02:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Agar suatu sistem komputer dapat bekerja dengan baik, maka suatu program harus diketik dalam sebuah bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer, yaitu Algoritma.

Algoritma sangat erat hubungannya dengan pemrograman komputer karena algoritma sendiri merupakan sebuah penyelesaian permasalahan dari sebuah perintah yang diinstruksikan kepada komputer untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Nah, untuk memahami lebih jelas megenai algoritma, maka berikut penjelasan algoritma beserta ciri-cirinya.

Baca juga: Pengertian dan Tingkatan Bahasa Pemrograman Komputer

Apa itu algoritma?

Algoritma pertama kali dicetuskan oleh Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al-Khowarizmi dalam sebuah buku yang berjudul Al-Jabr Wa-al Muqobla.

Dalam bukunya, ia menjelaskan bahwa algoritma adalah suatu cara yang berisi berangkaian langkah-langkah yang tersusun secara akurat atau runtut yang dibuat dengan bantuan komputer untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Maka dapat dikatakan bahwa sekumpulan langkah terurut disebut dengan algoritma, yakni urutan langkah-langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk memcahkan suatu masalah.

Algoritma dapat dimanfaatkan dalam pemrograman mana pun, sebab dalam penulisan dan pembuatannya biasanya tidak tergantung kepada bahasa pemrograman mana pun itu.

Secara garis besar, penyajian algoritma dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian, yaitu bentuk gambar dan tulisan.

Baca juga: Apa itu Notasi Algoritma?

Ciri-ciri algoritma

Sebuah algoritma tentu harus dapat menyelesaikan suatu perintah dengan langkah yang terurut, maka dari itu algoritma memiliki ciri khususnya sendiri.

Adapun, ciri-ciri algoritma antara lain:

  • Algoritma mempunyai awal dan akhir (Finiteness)

Maksudnya adalah suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas. Dengan kata lain, Algoritma yang sedang mengerjakan sebuah proses atau langkah mempunyai sifat yang terbatas.

  • Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat (Definiteness)

Pendefinisian langkah dengan tepat sendiri berfungsi agar suatu program tidak memiliki arti ganda, atau tidak membingungkan. Sehingga algoritma dapat bekerja dengan tepat.

Suatu program harus memiliki tujuan serta memiliki logika yang jelas agar dapat menghasilkan output yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca juga: Algoritma: Definisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

  • Memiliki masukan atau kondisi awal (Input)

Suatu algoritma harus memiliki kondisi awal atau input sebelum dilaksanakan, input ini dapat berupa nilai-nilai perubahan yang diambil dari suatu himpunan khusus.

  • Memiliki keluaran atau kondisi akhir (Output)

Suatu algoritma akan menghasilkan output setelah dilaksanakan, atau algoritma akan mengubah kondisi awal tadi menjadi kondisi akhir. Nilai output diperoleh dari nilai input yang telah diperoses oleh algoritma.

Output yang dihasilkan tersebut tentunya harus berupa solusi atau penyelesaian dari suatu masalah yang diinput.

  • Algoritma harus efektif (Effectiveness)

Setiap urutan atau langkah dalam algoritma harus dikerjakan dalam suatu selang waktu yang singkat dan penggunaan sumber daya yang sedikit, sehingga pada akhirnya didapatkan solusi sesuai yang diharapkan.

Baca juga: 7 Langkah Dasar Pemrograman, Apa Saja?

 

Referensi:

  • Eddy Budiman. 2015. Belajar Dasar Algoritma dan Pemrograman. Samarinda: Pemula.
  • Putro S.S., Anamisa D.R., Muffaroha F.A. 2019. Algoritma Pemrograman. Malang: MNC Publishing.
  • (Sumber: Kompas.com/Soffya Ranti)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com