Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Integritas: Manfaat, Ciri-ciri, dan Contohnya

Kompas.com - 06/09/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Integritas tidak terlepas dari hakikat kita sebagai manusia, sebab integritas merupakan hal yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Integritas sangat diperlukan untuk membangun rasa saling percaya dalam sebuah institusi atau organisasi. Oleh karena itu, implikasinya, setiap orang haruslah berintegritas.

Integritas merupakan salah satu nilai-nilai dasar pribadi yang harus dimiliki oleh sesorang yakni dengan bersikap, berperilaku dan bertindak.

Baca juga: Pengertian dan Tujuan Perilaku Organisasi

Apa itu integritas?

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integritas adalah kualitas, sifat, atau keadaan yang menunjukkan suatu kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan untuk memancarkan wibawa dan kejujuran.

Pada dasarnya, integritas bukan hanya sekedar bersikap jujur, namun lebih dari itu integritas juga harus diimbangi dengan konsistensi dalam perkataan, perbuatan maupun tindakan

Berdasarkan definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa integritas diartikan sebagai sesuatu yang lebih luas dari sekedar sikap jujur saja, integritas juga harus dipandang sebagai sikap menjunjung tinggi nilai etika dan moral yang dilakukan secara konsisten dan diwujudkan secara utuh dalam perkataan, perbuatan maupun sikap.

Maka, ketika berbicara tentang integritas, selain selalu berpegang teguh pada kejujuran, kita juga berbicara mengenai selarasnya seseorang antara pikiran, perkataan dan perbuatannya.

Baca juga: Alasan Kita Harus Jujur

Manfaat integritas

Integritas yang dimiliki oleh seseorang memegang peranan penting pada standarnya sebagai seorang manusia. Orang yang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter yang kuat.

Integritas tentu memberi manfaat bagi orang yang mengamalkannya serta bagi sekitarnya. Adapun manfaat integritas dikutip dari laman Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur, antara lain:

Integritas dapat membuat seseorang menjadi sehat dan bugar. Maka dengan kondisi seperti ini seseorang dapat melakukan aktivitas dan pekerjaan sehari-harinya dengan maksimal.

Integritas dapat mengoptimalkan kinerja otak seseorang, di mana tindakannya selaras dengan pikirannya.

  • Manfaat integritas secara emosional

Integritas dapat membuat diri seseorang penuh motivasi, empati, serta rasa solidaritas yang tinggi dalam interaksi bekerja, membuat orang lebih disiplin, dan memungkinkan orang untuk lebih berkomitmen.

Integritas membuat seseorang menjadi lebih bijaksana dalam mengartikan sesuatu, termasuk memaknai segala pengalaman hidupnya.

Integritas mampu mengembangkan hubungan antar individu maupun lingkungan masyarakat, adanya integritas pada setiap orang akan menjamin adanya tatanan masyarakat yang baik.

Baca juga: Sikap yang Harus Dilakukan agar Berbuah Kesuksesan

Ciri-ciri orang yang berintegritas

Integritas diri dilihat sebagai sikap mental kejiwaan yang selalu konsisten dalam menjalankan kehidupannya, artinya ia hidup konsisten dengan nilai baik dan benar yang diyakininya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com