Kompas.com - 04/10/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi seseorang harus jujur freepik.com/ benzoixIlustrasi seseorang harus jujur

KOMPAS.com – Jujur merupakan salah satu sifat baik yang harus dimiliki oleh manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jujur artinya lurus hati, tidak berbohong, tidak curang, tulus, dan juga ikhlas.

Sehingga jujur berarti perilaku yang mengatakan kebenaran dan menghindari penipuan maupun perbuatan curang yang menyalahi peraturan. Mengapa kita harus jujur? Berikut adalah alasan mengapa kita harus jujur.

Alasan seseorang harus jujur

Berikut alasan seseorang harus bersikap jujur, yaitu:

  • Tidak ada orang yang ingin dibohongi

Kita harus jujur karena tidak ada satupun orang yang ingin dibohongi atau ditipu. Dibohongi membuat seseorang merasa dibodohi dan juga dirugikan.

Inilah alasan, mengapa orang kerap kali marah ketika dibohongi dan berujung pada rusaknya hubungan dengan orang tersebut.

  • Kejujuran menimbulkan banyak perilaku positif

Dikutip dari Psychology Today, dedikasi terhadap kejujuran memotivasi manusia untuk menjadi baik. Orang yang jujur tidak akan menutupi atau berbohong atas keburukannya, sehingga ia merasa termotifasi untuk berperilaku baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Contoh Sikap yang Bertentangan dengan Aturan di Sekolah

  • Melahirkan ketenangan

Melansir dari GoodTherapy, kejujuran dapat membuat kita tidak perlu menghadapi stres dan kecemasan yang datang bersamaan dengan kebohongan. Berbohong membuat kita berpikir bagaimana agar seseorang percaya dengan kebohongan tersebut.

Dalam prosesnya, kita harus mengingat kebohongan apa yang telah diucapkan dan merangkai kebohongan lain untuk mendukungnya.

Hal tersebut akan meningkatkan rasa cemas, gugup, gelisah, dan stress jika kebohongan kita terbongkar atau karena rasa takut kehilangan kepercayaan.

Orang yang jujur cenderung merasa tenang, karena mereka tidak perlu bingung dalam menjawab pertanyaan.

Tidak ada tekanan dari kebohongan, sehingga melahirkan ketenangan dan membuatnya menjadi pribadi yang penuh dengan energi positif.

  • Membangun kepercayaan

Mengutip dari Character Lab, kejujuran membangun kepercayaan dan menciptakan tatanan sosial yang lebih sehat.

Orang yang jujur akan lebih mudah mendapat kepercayaan diandingkan dengan orang yang suka berbohong.

Baca juga: Sikap Tanggung Jawab Menggunakan Televisi

  • Membawa keberhasilan

Bersifat jujur memberikan ketenangan dalam diri sendiri, dan membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri dalam beragam situasi.

Membuat kita memahami kelebihan dan kekurangan diri. Sehingga kita dengan mudah bisa memutuskan apa yang baik dan apa yang buruk bagi diri kita sendiri.

Misalnya ketika tidak bisa mengerjakan soal ujian, dibanding menyontek kamu memilih untuk mengosongkan lembar jawaban. Kamu mungkin mendapat nilai jelek, tapi kamu telah jujur atas kemampuan diri sendiri.

Hal tersebut membuat dirimu paham bahwa kamu tidak bisa mengerjakan soal tersebut. Lalu kamu bisa memutuskan untuk mempelajarinya lebih giat yang akan berujung pada kesuksesanmu sendiri.

Jujur juga membangun kepercayaan dan ikatan sosial yang lebih sehat. Hal ini sangat berguna dalam dunia pekerjaan.

Seseorang yang bisa dipercaya cenderung lebih mudah dalam menggapai kesuksesan dibandingkan dengan seseorang yang tidak bisa dipercaya.

Baca juga: Contoh Sikap Bijaksana terhadap Tumbuhan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.