Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fase Perkembangan Embrio

Kompas.com - 29/08/2023, 05:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada saat kehamilan, terjadi beberapa peristiwa, salah satunya adalah pertumbuhan dan perkembangan embrio.

Embrio adalah istilah pada bayi dalam proses kehamilan yang berawal dari persiapan pembuahan hingga terbentuknya bagian-bagian tubuh bayi di rahim.

Sebelum mengetahui tahapan perkembangan embrio, alangkah lebih baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu mengenai embrio.

Apa itu embrio?

Dikutip dari buku Menjelajah Dunia Biologi, embrio adalah suatu organisme yang tumbuh pada tahap awal perkembangan manusia, di mana mulai terbentuknya organ-organ penting dalam struktur tubuh.

Embrio dihasilkan oleh suatu perkawinan, tepatnya konsepsi atau pertemuan antara sel telur (ovum) dengan sel sperma (spermatozoa).

Proses pertumbuhan dan perkembangan embrio disebut dengan Embriogenesis. Embriogenesis akan dimulai segera setelah konsepsi sampai hasil konsepsi siap dilahirkan.

Baca juga: Perkembangan Janin Saat Kehamilan

Bagaimana fase perkembangan embrio?

Perkembangan embrio ini terjadi setelah proses pembuahan atau fertilisasi, yang mana dalam perkembangannya, embrio melalui berbagai fase,

Fase dalam perkembangan embrio meliputi:

Fase Morula

Perkembangan embrio dimulai pada saat sel telur berhasil dibuahi oleh sperma yang membentuk zigot. 

Zigot yang telah dibuahi oleh sperma selanjutnya akan mengalami pembelahan menjadi beberapa sel hingga terbentuknya suatu kelompok sel berbentuk bundaran seperti buah murbai yang disebut stadium morula.

Morula ini menempatkan diri di bawah mukosa rahim dan dibatasi oleh suatu lapisan yang disebut zona pelusida.

Baca juga: Fase Awal Perkembangan Embrio

Fase Blastula

Perubahan morula menjadi blastosit disebut juga proses blastulasi. Morula akan berubah menjadi lapisan rongga sel yang disebut dengan blastoderm yang berfungsi untuk melindungi blastosol di dalamnya.

Kemudian, massa sel yang telah terbentuk dari asam laktat, asam amino, piruvat, serta glukosa akan berkembang dan membentuk embrio manusia.

Lalu, sel terluar yang menjadi pembungkus massa akan berkembang menjadi plasenta yang berfungsi sebagai pembuang sisa metabolisme dari embrio.

Fase Gastrula

Setelah blastula terbentuk, selanjutnya terjadi peristiwa gastrulasi, yang dimulai dengan terbentuknya garis primitif yang memiliki nodus primitif di ujung sefaliknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com