Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-Macam Disiplin

Kompas.com - 28/07/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Disiplin berasal dari bahasa Inggris disciple atau discipline, berarti penganut atau pengikut.

Dikutip dari Buku Panduan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral untuk mengatasi Kedisiplinan Masuk Sekolah (2022) oleh Joko Sulistiyono, Thomas Gordon menyebutkan disiplin adalah perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus.

Sementara menurut E.B Hurlock memberikan pengertian disiplin merupakan cara masyarakat mengajar anak perilaku moral yang disetujui oleh kelompok.

Baca juga: Contoh Sikap Disiplin di Sekolah

Terdapat beberapa macam disiplin. Dilansir dari buku Principles of Management (1958), George R Terry mengatakan bahwa macam-macam untuk menciptakan sebuah kedisiplinan, dapat timbul baik dari diri sendiri maupun dari perintah, yang terjadi dari:

  • Self imposed discipline

Kedisiplinan yang timbul dari sendiri atas dasar kerelaan, kesadaran dan bukan timbul atas paksaan.

Kedisiplinan ini timbul karena seseorang merasa terpenuhi kebutuhannya dan merasa telah menjadi bagian dari organisasi sehingga orang akan tergugah hatinya untuk sadar dan secara sukarela memenuhi segala peraturan yang berlaku.

  • Command discipline

Kedisiplinan yang timbul karena paksaan, perintah dan hukuman serta kekuasaan. Jadi kedisiplinan ini bukan timbul karena perasaan ikhlas dan kesadaran akan tetap timbul karena adanya paksaan/ ancaman dari orang lain.

Baca juga: Mengapa Bisnis Perlu Belajar, Disiplin, dan Perbanyak Teman?

Kedisiplinan berdasarkan tingkatannya

Disadur dari buku Disiplin Menuju Sukses (1993) oleh Soegeng Prijodarminto, disiplin dapat dibedakan menurut tingkatannya yaitu:

  • Disiplinan pribadi adalah perwujudan disiplin yang lahir dari kepatuhan atas aturan-aturan yang mengatur perilaku individu.
  • Disiplinan kelompok yaitu perwujudan disiplin yang lahir dari sikap taat patuh terhadap aturan-aturan yang berlaku pada kelompok atau bidang-bidang kehidupan manusia, misalnya disiplin pada kesatuan-kesatuan atau perkumpulan- perkumpulan tertentu misalnya disiplin dalam kesatuan olahraga.
  • Kedisiplinan nasional merupakan wujud disiplin yang lahir dari sikap patuh yang ditunjukkan dari seluruh lapisan masyarakat terhadap aturan-aturan nilai yang berlaku secara nasional.

Baca juga: Pengertian Kedisiplinan Menurut Ahli

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com