Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Tata Krama, Manfaat, dan Jenisnya

Kompas.com - 20/07/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Tata krama adalah wujud atau perilaku yang tertib dengan cara yang baik. Tata krama dianggap sebagai cara untuk menjalin hubungan antar manusia. Kebiasaan ini dihasilkan dari aksi dan reaksi pergaulan.

Secara etimologis, tata krama berasal dari kata tata bahasa dan kebiasaan. Tata berarti aturan, peraturan atau pengaturan.

Meskipun krama berarti kesopanan, maka kedua kata tersebut dapat diartikan sebagai aturan umum kesopanan yang telah ditetapkan.

Tata krama adalah perilaku santun yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku tersebut mencerminkan kepribadian yang sudah terbentuk sejak kecil melalui cara-cara yang diajarkan oleh orang tua dan lingkungan sekitarnya. 

Baca juga: Pengertian Tata Krama, Manfaat, Macam, dan Contohnya

Manfaat tata krama

Kelebihan tata krama dalam kehidupan sosial adalah kepribadian yang baik dan menghargai orang lain, sehingga seseorang lebih mudah diterima dalam lingkungan sosial.

Tata krama membuat seseorang lebih dihormati, membuat orang lain enggan untuk berperilaku kasar, membuat orang lain nyaman, yang memudahkan membangun hubungan baik dengan orang  lain.

Tata krama membantu terciptanya ketertiban, keserasian, keselarasan,  keamanan, kedamaian dan rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat.

Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari mempelajari dan menerapkan kebiasaan sehari-hari, yaitu sebagai berikut:

  • Kemampuan untuk membuat seseorang menghargai, dihargai dan menyukai orang lain.
  • Mendapat kenyamanan dari hubungan baik dengan orang lain.
  • Dapat mengandalkan dirinya sendiri dalam situasi apapun.
  • Mampu menjaga suasana yang baik di lingkungan keluarga, tempat kerja dan lingkungan pertemanan.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat tata krama yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan rasa bangga dan pada diri sendiri menjadi contoh yang baik dalam kehidupan serta menguatkan kekuatan seseorang.

Baca juga: Mengapa Tata Krama Menimbulkan Rasa Nyaman?

Jenis-jenis tata drama dalam kehidupan

Tata krama dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, berikut contohnya:

  • Tata krama berbicara

Berbicara merupakan salah satu kegiatan manusia sehari-hari. Dengan mempelajari tata krama adalah cara berbicara yang menunjukkan kualitas kepribadian seseorang.

Saat berbicara hendaknya menggunakan bahasa yang sopan, membiasakan diri dengan sapaan, intonasi yang cermat, menghindari kosakata yang kasar dan menggunakan kata-kata seperti maaf, terima kasih dan terima kasih.

  • Tata krama makan

Makan merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Tata krama makan adalah tata krama yang baik saat makan, terutama dengan orang lain. Beberapa orang bahkan membenci kebiasaan mengunyah makanan yang berisik.

Tata krama pada saat sedang makan dapat dilakukan dengan cara makan dengan posisi duduk yang sopan, mengunyah dengan tenang dan tenang, tidak mengacak-acak dan menjaganya tetap rapi, tidak mencela makanan, memuji masakan orang lain dan juga menghabiskan makanan sendiri.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com