Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bagian-bagian Telinga Manusia

Kompas.com - 27/04/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Tiara Suci Apriliani, Guru SDN Kudaile 05, Tegal, Provinsi Jawa Tengah

 

KOMPAS.com - Telinga merupakan salah satu indra yang berfungsi sebagai alat pendengaran. Telinga akan menangkap bunyi.

Bunyi tersebut selanjutnya akan diteruskan ke otak sebagai pusat. Selanjutnya, otak akan mengirimkan respon terhadap apa yang didengar oleh telinga.

Telinga mempunyai bagian-bagian. Bagian-bagian telinga mempunyai fungsi dan peranan masing-masing dalam sistem pendengaran.

Baca juga: Telinga: Bagian, Fungsi dan Cara Merawatnya

Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Bagian-bagian telinga beserta fungsinya yaitu sebagai berikut:

Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan saluran telinga bagian luar. Daun telinga berfungsi sebagai alat untuk menerima dan mengumpulkan suara yang masuk ke dalam telinga.

Sementara, Saluran telinga bagian luar berfungsi untuk menghasilkan minyak serumen. 

Pada bagian saluran telinga bagian luar, terdapat rambut-rambut halus yang berfungsi untuk menjaga terhadap benda asing yang masuk.

Bunyi atau suara akan ditangkap oleh daun telinga, diteruskan melalui saluran telinga, dan masuk ke telinga bagian tengah.

Telingan bagian tengah

Telinga bagian tengah merupakan rongga berisi udara dan mengubah gelombang suara menjadi getaran yang slenjutnya akan dikirimkan ke telinga bagian dalam.

Telinga bagian luar dan tengah dipisahkan oleh gendang telinga atau membrane timpani. Gendang telinga merupakan jaringan tipis yang terbentang rapat di saluran telinga.

Telinga bagian tengah terdiri dari tulang-tulang pendengaran. Tulang-tulang pendengaran terdiri dari tia macam tulang yaitu tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus), dan tulang sanggurdi (stapes).

Tulang-tulang pendengaran saling berhubungan melalui sebuah sendi. Tulang-tulang pendengaran berfungsi untuk mengalirkan getaran suara dari gendang telinga melalui rongga telinga dalam.

Pada telinga bagian tengah juga terdapat saluran eustachius. Saluran eustachius mengubungkan telinga bagian tengah dengan faring.

Saluran eustachius berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara pada telinga luar dan telinga bagian tengah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com