Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Melestarikan Wayang sebagai Aset Negara Indonesia

Kompas.com - 19/02/2023, 09:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Upaya pelestarian peninggalan budaya menjadi kebutuhan bagi bangsa Indonesia. Adapun salah satu budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan untuk saat ini adalah wayang. 

Hal ini karena sudah banyak generasi muda yang kurang berminat untuk menyaksikan pertunjukan wayang.

Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan wayang sebagai aset bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Berkunjung Ke museum yang berkaitan dengan wayang

Museum Wayang merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk berwisata berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Dalam museum ini terdapat dua bentuk boneka dan wayang kulit, selain itu, terdapat beberapa koleksi, yakni koleksi boneka Unyil, wayang golek, wayang kulit, dan beberapa wayang dari daerah lain. Terdapat juga boneka yang berasal dari luar negeri seperti Belanda dan Rusia.

Boneka Unyil merupakan boneka yang menjadi ciri khas wayang di museum tersebut dan ada juga wayang kulit yang berasal dari daerah di seluruh Indonesia.

Selain museum wayang di Jakarta, masih ada museum yang berkaitan dengan wayang di Indonesia.  Museum tersebut antara lain museum wayang Indonesia yang terdapat di Wuryantoro, Wonogiri, Jawa Tengah, museum Wayang Kekayon terdapat di Yogyakarta, museum Wayang Sendang Mas terdapat di Banyumas, dan lain sebagainya.

Dengan berkunjung ke museum yang berkaitan dengan wayang, kita juga bisa mendapatkan wawasan lebih mengenai dunia pewayangan yang saat ini mulai dilupakan terutama oleh generasi muda.

Baca juga: Jenis-jenis Wayang yang Populer di Indonesia

  • Ikut menyaksikan pertunjukan wayang

Saat ini, pertunjukan wayang sebagian besar masih dipentaskan di beberapa daerah di Indonesia yang bertujuan untuk menghibur warga ketika ada acara hajatan atau pementasan budaya.

Upaya dalam melestarikan kesenian wayang dapat dilakukan dengan cara ikut langsung untuk menyaksikan atau belajar untuk terlibat langsung agar mendapat sebuah pengalaman kultural.

Jika kesenian wayang tersebut terus dipelajari dan dipentaskan dalam masyarakat, maka kesenian tersebut akan tetap bisa bertahan. Pertunjukan wayang yang selalu diadakan secara berkala dapat menarik antusias penonton terutama yang suka dalam pewayangan. 

Baca juga: Wayang: Pengertian, Asal-usul, dan Fungsinya

  • peran pemerintah

Peran pemerintah dalam melestarikan budaya wayang sangat penting. Pemerintah dalam hal ini memiliki peran yang strategis dalam pelestarian kebudayaan daerah yang ada di seluruh Indonesia. Pemerintah dapat memberikan suatu kebijakan-kebijakan yang dapat mengarah dalam pelestarian kebudayaan nasional. 

Pemerintah dapat memberikan suatu kebijakan untuk menampilkan wayang pada setiap acara besar nasional. Hal ini menjadi bentuk upaya pemerintah untuk mengenalkan kesenian wayang kepada generasi muda. 

Generasi muda dapat mengetahui bahwa wayang kulit yang ditampilkan tersebut merupakan warisan dari leluhur dan harus tetap dilestarikan agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi penerus bangsa.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com