Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Dioda Penyearah

Kompas.com - 25/01/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comDioda penyearah adalah salah satu jenis dioda yang paling umum digunakan. Apa yang dimaksud dioda penyearah dan apa fungsi dioda penyearah? Berikut adalah penjelasannya!

Dioda penyearah adalah komponen elektronika yang hanya bisa dimasuki arus listrik dari satu arah saja. Hal tersebut karena diode penyearah dibuat dari sambungan p-n semikonduktor.

Fungsi dioda penyearah adalah sebagai penyearah arus AC dan juga pelipat tegangan.

Baca juga: Pengertian Dioda dan Jenisnya

Penyearah arus

Fungsi utama dari dioda penyearah adalah penyarah arus. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dioda penyearah mengubah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Penyearah arus diperlukan oleh berbagai perangkat elektronika yang hanya berfungsi jika dialiri arus searah (DC), sedangkan sumber listrik yang ada merupakan arus bolak-balik (DC).

Dioda penyearah sebagai penyearah arus terbagi menjadi dua, yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh.

Baca juga: Sifat-sifat Gelombang Mekanik

Penyarah setengah gelombang

Rangkaian penyearah setengah gelombangworkforce.libretexts.org Rangkaian penyearah setengah gelombang

Penyearah setengah gelombang adalh rangkaian dari sumber listrik, dioda penyearah, dan resistor untuk menyearahkan setengah siklus gelombang sinus.

Penyearah setengah gelombang hanya menghasilkan setengah daya dari arus AC asalnya dan setengah kapasitasnya lagi tidak terpakai.

Penyearah gelombang penuh

Rangkaian penyearah gelombang penuhworkforce.libretexts.org Rangkaian penyearah gelombang penuh

Dilansir dari Workforce LibreTexts, penyearah gelombang penuh dapat menghasilkan penggunaan penuh kedua setengah siklus gelombang sinus dan mendapatkan daya arus bolak-balik secara penuh.

Penyearah gelombang penuh tidak hanya memerlukan dioda penyearah dan resistor, namun juga transformator (trafo).

Baca juga: Fungsi Trafo atau Transformator

Pelipat tegangan

Fungsi dioda penyearah selanjutnya adalah sebagai pelipat tegangan.

Menurut Sutrisno dalam buku Elektronika: Teori Dasar dan Penerapannya (1986), dioda penyearah dapat digunakan sebagai rangkain pelipat dua tegangan yang menghasilkan tegagan keluaran searah dua kali nilai tegangan puncak masukannya.

Tidak hanya menaikkan tegangan sebanyak dua kali lipat, dioda penyearah juga dapat berfungsi untuk menaikkan tegangan sebanyak tiga kali dan empat kali lipat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com