Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Memengaruhi Gerak Jatuh Benda

Kompas.com - 26/12/2022, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tidak semua benda jatuh dengan sama, karena gerak jatuh benda dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa saja faktor yang memengaruhi gerak jatuh benda?

Faktor yang memengaruhi gerak benda saat jatuh adalah hambatan udara, luas permukaan benda, dan gaya gravitasi.

Hambatan udara

Faktor pertama yang memengaruhi gerak jatuh benda adalah hambatan udara. Hambatan udara adalah gaya yang melawan gerak benda (gesekan) yang bergerak di udara.

Hambatan udara terjadi pada setiap benda yang ada di udara. Makin besar hambatan udaranya, maka makin lambat gerak jatuh suatu benda.

Baca juga: Pengaruh Gaya Gesek terhadap Benda

Luas permukaan benda

Dilansir dari Universe Today, hambatan udara adalah hasil dari tumbukan permukaan benda dengan molekul udara.

Artinya, makin banyak permukaan benda yang bertumbukan dengan udara, maka makin besar juga hambatan udara yang terbentuk.

Adapun, banyak permukaan benda sama dengan luas permukaannya. Sehingga, makin besar luas permukaan benda maka makin besar hambatan udaranya.

Sebaliknya, makin kecil luas permukaan benda (sempit), maka makin kecil juga hambatan udara yang terbentuk.

Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Gaya Gesek

Gaya gravitasi

Dilansir dari NASA Glenn Research Center, semua benda yang jatuh di atmosfer mengalami kekuatan eksternal berupa gaya gravitasi.

Gaya gravitasi menarik benda ke pusatnya sehingga, memengaruhi gerak jatuh benda. Sebagai contoh, semua benda yang jatuh di atmosfer bumi akan tertarik ke pusat gravitasi bumi (inti bumi) dan menyebabkannya jatuh ke bawah.

Makin besar gaya gravitasi yang bekerja, maka makin cepat juga gerak jatuh benda. Sebaliknya, makin kecil gaya gravitasi yang bekerja, maka makin lambat juga gerak jatuh suatu benda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com