Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Definisi Akulturasi Menurut Para Ahli

Kompas.com - 19/12/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Akulturasi merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang terjadi di masyarakat. Interaksi ini dapat melibatkan budaya, agama, atau hal lainnya.

Meski begitu, jika berbicara soal interaksi sosial ini, akulturasi lebih banyak dikaitkan dengan satu atau beberapa kebudayaan.

Menurut Pether Sobian dalam buku Pengantar Antropologi (2022), akulturasi adalah bergabungnya dua kebudayaan atau lebih untuk menciptakan kebudayaan baru.

Dalam akulturasi, budaya yang berbeda ini saling berkolaborasi, namun tidak menghilangkan ciri khas atau jati diri kebudayaan asli.

Agar lebih memahaminya, berikut tujuh definisi akulturasi menurut para ahli:

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, definisi akulturasi adalah:

"Akulturasi adalah interaksi yang terjadi jika salah satu kelompok masyarakat dengan budaya yang dipegangnya, berhadapan dengan budaya asing."

Baca juga: Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya

Hasil akulturasi itu adalah kebudayaan asing menyatu dengan budaya kelompok yang telah dipegang sebelumnya, tanpa menghilangkah kebudayaan asli.

Muhammad Hasyim

Dikutip dari buku Komunikasi Lintas Budaya (2021) oleh Wina Puspita Sari dan Menati Fajar Rizki, berikut definisi akulturasi menurut Muhammad Hasyim:

"Akulturasi adalah perpaduan dua budaya berbeda dalam kehidupan yang harmonis dan damai."

John W. Berry

Ia berpendapat bahwa akulturasi adalah proses perubahan budaya dan psikologis akibat kontak dua kelompok atau lebih.

Koentjaraningrat

Dalam buku Akulturasi Lintas Zaman di Lasem (2015) karya Dwi Ratna Nurhajarini dkk, berikut definisi akulturasi menurut Koentjaraningrat:

"Akulturasi adalah proses sosial yang terjadi jika kebudayaan tertentu dipengaruhi budaya lain, yang lambat laun akan diintegrasikan dalam budayanya sendiri."

Baca juga: Contoh Akulturasi Budaya Indonesia dengan Bangsa Tiongkok

Leininger

Ia berpendapat bahwa akulturasi adalah proses di mana kelompok masyarakat A belajar cara mengambil nilai, perilaku, norma, dan gaya hidup budaya B.

Redfield, et al.

Baginya, akulturasi adalah fenomena yang terjadi ketika beberapa kelompok saling berbagi kebudayaan yang berbeda dalam pola asli satu atau dua budaya.

Nardy

Menurutnya, akulturasi adalah proses sosial yang timbul jika sebuah kelompok manusia dihadapkan dengan unsur kebudayaan asing.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa budaya asing itu lambat laun diterima dan diolah tanpa menghilangkan jati diri kebudayaan asli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com