Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rantai Makanan Perumput: Pengertian, Tingkatan, dan Contohnya

Kompas.com - 19/10/2022, 14:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comRantai makanan adalah proses makan memakan (berpindahnya energi) antar makhluk hidup dalam urutan tertentu. Rantai makanan dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah rantai makanan perumput.

Pengertian rantai makanan perumput

Apa yang dimaksud dengan rantai makanan? Dilansir dari Encyclopedia Britannica, rantai makanan perumput adalah rantai makanan yang konsumen utamanya memakan tumbuhan.

Artinya, konsumen pertama atau tingkat satu dalam rantai makanan perumput memekan tumbuhan.

Dilansir dari Biology LibreTexts, rantai makanan perumput ditandai dengan tumbuhan atau organisme fotosintesis lainnya di dasar lalu diikuti oleh herbivora dan karnivora.

Baca juga: Mengapa Fotosintesis adalah Proses yang Penting di Bumi?

Artinya, rantai makanan perumput memiliki produsen berupa organisme fotosintetik (seperti tumbuhan, alga, dan fitoplankton) yang bergantung pada proses fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri.

Disebut rantai makanan perumput karena merujuk pada konsumen tingkat satu berupa herbivora yang memakan tumbuhan, beberapa diantaranya memakan rumput (merumput).

Tingkatan rantai makanan perumput

Rantai makanan perumput memiliki tingkatan trofik sebagai berikut:

Produsen → konsumen primer → konsumen sekunder → konsumen tersier

Konsumen primer adalah hewan herbivora yang memakan tanaman dan organisme fotosintetik lainnya.

Baca juga: Rantai Makanan: Tingkat Trofik dan Jenisnya

Sedangkan, konsumen sekunder dan konsumen tersier adalah karnivora yang memakan konsumen di bawahnya.

Contoh rantai makanan perumput

Rantai makanan perumput adalah rantai makanan paling umum di bumi, sehingga dapat ditemui di hampir seluruh belahan dunia.

Contoh rantai makanan perumput adalah yang terjadi di ekosistem padang rumput. Di mana rumput (produsen) dimakan oleh belalang (konsumen primer).

Belalang kemudian dimakan lagi oleh burung kecil (konsumen sekunder). Adapun, burung kecil dimakan oleh konsumen tersier yaitu ular.

Baca juga: Aliran Energi pada Rantai Makanan

Contoh lainnya dari rantai makanan perumput adalah yang terjadi di ekosistem perairan. Di mana fitoplankton sebagai produsen dimakan oleh zooplankton sebagai konsumen primer.

Zooplankton kemudian dimakan lagi oleh ikan kecil yang merupakan konsumen sekunder. Namun, kemudian ikan kecil dimakan oleh ikan besar yang merupakan konsumen tersier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com