Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor-faktor Pengaruh Komunikasi Intrapersonal

Kompas.com - 28/09/2022, 16:00 WIB
Laila San,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Komunikasi intrapersonal memungkinkan seseorang berperan sebagai komunikator dan komunikan dalam satu waktu. Artinya proses pengiriman dan penerimana pesan dapat terjadi dalam waktu yang bersamaan. 

Dilansir dari buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2021) oleh Hariyanto dijelaskan, pengertian komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi antara pribadi dengan dirinya masing-masing.

Secara tidak sadar manusia sering melakukan komunikasi dengan dirinya sendiri. Hal tersebut dapat terlihat ketika manusia mengambil keputusan.

Proses pengambilan keputusan tersebut secara tidak langsung melibatakan pikiran dan perasaan seseorang sehingga komunikasi bekerja pada dirinya sendiri.

Individu berperan menjadi pengirim pesan sekaligus penerima pesan. Sehingga umpan balik yang diterim dapat terjadi secara langsung.

Baca juga: Model Komunikasi Stimulus-Respons (SR)

Dalam komunikasi intrapersonal, komunikator akan mengolah pesan yang akan diterimanya sendiri hingga pesan tersebut diberikan makna.

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2021) karya Hariyanto, Potter&Perry berpendapat ada tujuh faktor yang memengaruhi komunikasi intrapersonal, sebagai berikut: 

  • Perkembangan 

Tingkat perkembangan bicara bervariasi, dan ini terkait langsung dengan pertumbuhan anak. Orang tua memiliki dampak yang signifikan pada keterampilan komunikasi anak-anak mereka. Jenis komunikasi ditentukan oleh pertumbuhan individu.

  • Nilai

Nilai dapat mempengaruhi bagaimana komunikasi diinterpretasikan, serta bagaimana orang memahami pandangan orang lain.

Jika tidak ada penyesuaian yang dilakukan antara orang dan cita-cita mereka berbeda, mungkin ada kesulitan saat berbicara.

  • Emosi

Emosi seseorang dapat menyebabkan mereka salah memahami pesan. Jika emosi berdampak pada komunikasi, ini dilihat sebagai perasaan subjektif seseorang dan berdampak pada bagaimana orang terhubung satu sama lain.

Akan terjadi perselisihan jika seseorang yang berkomunikasi tidak dapat mengontrol emosinya karena perasaan yang terjadi.

Baca juga: Pengertian dan Jenis Model Komunikasi

  • Latar belakang sosial budaya 

Belajar bagaimana berperilaku, berpikir, dan merasa mengarah ke budaya. Perilaku dan komunikasi seseorang dibatasi oleh budayanya.

Oleh karena itu, agar komunikasi dapat berhasil, komunikator harus mampu beradaptasi dengan budaya komunikan.

  • Gender

Komunukasi anatar laki-laki dan perempuan akan berbeda. Contohnya pada anak perempuan mengalami perkembangan komunikasi lebih cepat dibandingkan komunikasi anak laki-laki.

  • Pengetahuan

Contoh pengetahuan dalam hal bahasa. Apabila seseorang memiliki perbedaan bahasa atau menerima pesan dengan kata-kata yang asing maka akan mempengaruhi jalannya komunikasi.

  • Lingkungan

Lingkungan mempengaruhi seseorang dalam berkomunikasi tentunya di lingkungan yang nyaman.

Apabila lingkungan tersebut mengganggu maka jalannya komunikasi akan terhambat. Inilah mengapa lingkungan menjadi faktor keberjalanannya komunikasi.

Baca juga: Elemen-Elemen Komunikasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com