Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Interpersonal: Definisi dan Karakteristik

Kompas.com - 08/09/2022, 11:31 WIB
Amelia Bella Benita,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secara umum, definisi komunikasi adalah proses pertukaran pesan yang terjadi antara dua orang atau lebih. Namun jika dipelajari lebih dalam, terdapat beberapa macam komunikasi.

Pada dasarnya, ada beberapa macam komunikasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi tersebut antara lain adalah :

Dikutip dari buku Komunikasi Antarpersonal (2015) karya Alo Liliweri, pada dasarnya komunikasi merupakan proses pengiriman informasi dari komunikator kepada komunikan.

Namun, aspek yang membedakan dari keempat macam tersebut adalah jumlah komunikator dan komunikan, kedekatan fisik, sifat kesegeraan respons, jumlah saluran sensoris yang digunakan, derajat formalitas, dan hakikat tujuan komunikasi.

Komunikasi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari adalah komunikasi interpersonal. Lalu, apa yang membedakan komunikasi interpersonal dengan komunikasi yang lain?

Baca juga: Apa Perbedaan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal?

Definisi komunikasi interpersonal menurut ahli 

Berikut beberapa definisi komunikasi interpersonal menurut ahli, yaitu: 

  • Miller

Komunikasi interpersonal adalah proses komunikasi antara dua orang yang memiliki hubungan yang dekat sehingga memiliki banyak cara untuk memberikan respons atau umpan balik dengan segera.

  • Joseph A. Devito

Dalam bukunya yang berjudul Interpersonal Communication (1989), Joseph A. Devito mengartikan komunikasi interpersonal sebagai komunikasi interindependent individuals. Artinya, komunikasi interpersonal terjadi pada dua individu atau lebih yang saling terkait dan memengaruhi satu sama lain.

  •  Harley

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi secara personal oleh beberapa individu yang memiliki hubungan yang sangat dekat.

Baca juga: Bagaimana Komunikasi Interpersonal Dikatakan Efektif?

  • Beebe & Redmond

Menurut Beebe & Redmond, komunika interpersonal tidak hanya terjadi ketika berinteraksi dengan orang lain, namun juga ketika dapat memperlakukan manusia lain sebagai makhluk yang unik.

  • Dean Barnlud

Definisi yang ditawarkan Dean Barnlud tentang komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi secara tatap muka dan lebih mendalam karena jarak fisik yang berdekatan.

Menurutnya , komunikasi interpersonal terjadi secara interdependently, di mana para pelaku komunikasi saling bergantung dan bertukar kode, baik verbal dan nonverbal, serta komunikasi yang terjalin cenderung tidak terstruktur.

  • Verderber & Berryman-Fink

Komunikasi interpersonal didefinisikan sebagai proses di mana seseorang menciptakan dan menjaga relasi, menguji respons timbal balik saat menciptakan makna bersama, atau yang dikenal dengan dyadic communication.

Karakteristik komunikasi interpersonal

Dari beberapa definisi tersebut, dapat dilihat bahwa komunikasi interpersonal memiliki karakteristik yang khas jika dibandingkan dengan komunikasi yang lain.

Beberapa karakteristik khusus dari komunikasi interpersonal yaitu :

  • Komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, secara personal dan biasanya memiliki kedekatan atau hubungan yang terkait.
  • Komunikasi interpersonal terjadi secara tatap muka.
  • Komunikasi yang mencerminkan bentuk dan isi yang bersifat interaksi antar pribadi.
  • Komunikasi yang mengutamakan karakteristik daneran individu dalam relasi sosial di antara komunikator dan komunikan.
  • Tidak hanya tentang komunikasi yang terjalin oleh beberapa individu, namun juga mengenai kualitas komunikasi yang terjadi.

Baca juga: Tujuan Komunikasi Interpersonal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com