Kompas.com - 06/12/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi komunikasi interpersonal Freepik.com/StoriesIlustrasi komunikasi interpersonal

KOMPAS.comKomunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang terjalin antara dua orang atau lebih secara tatap muka, yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan dilakukan di saat yang bersamaan.

Contoh komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orangtua dan anak, dokter dengan pasien, dosen dengan mahasiswa, komunikasi antarteman, dan sebagainya.

Tujuan komunikasi interpersonal

Menurut Bonaraja Purba, dkk dalam buku Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (2020), komunikasi interpersonal merupakan action oriented, yakni tindakan yang berorientasi pada tujuan tertentu.

Artinya komunikasi antarpribadi dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti membangun dan memelihara relasi yang harmonis, untuk memengaruhi sikap serta tingkah laku orang lain, mencari kesenangan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Pengertian Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Sebagaimana dikutip dari jurnal Proses Komunikasi Interpersonal antara Guru dengan Murid Penyandang Autis di Kursus Piano Sforzando Surabaya (2013) karya Imanuel Budianto, menurut Joseph A. Devito ada lima tujuan yang ingin dicapai dalam komunikasi interpersonal, yakni:

Untuk belajar (to learn)

Komunikasi interpersonal memungkinkan orang yang terlibat di dalamnya mempelajari diri sendiri dan orang lain.

Bentuk komunikasi ini juga termasuk proses perbandingan sosial yang membuat individu mampu mengevaluasi diri sendiri dan membandingkannya dengan orang lain.

Untuk berhubungan (to relate)

Tujuan lain dari komunikasi interpersonal adalah menjaga hubungan atau relasi dengan orang lain. Misalnya dengan berkomunikasi, kita ingin dicintai dan disukai oleh orang-orang di sekitar kita.

Untuk meyakinkan (to influence)

Hampir setiap komunikasi yang dilakukan manusia mengandung makna persuasif atau bertujuan untuk meyakinkan orang lain.

Baca juga: Komunikasi Massa: Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Contohnya meminta bantuan seseorang, berkomunikasi untuk memelihara relasi yang baik, serta mempresentasikan diri sendiri untuk membangun gambar diri sesuai yang diinginkan.

Untuk bermain (to play)

Komunikasi interpersonal juga bertujuan untuk menghibur diri dan bermain bersama orang lain. Misalnya membuat lelucon, menonton film komedi, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Walau begitu, tujuan tersebut juga punya tujuan akhir, yaitu menarik perhatian orang supaya apa yang diinginkan dapat tercapai.

Untuk menolong (to help)

Artinya komunikasi interpersonal bertujuan untuk membantu orang lain. Contohnya memberi kritik atau saran, mengungkapkan rasa empati, bekerja dalam suatu kelompok untuk membantu penyelesaian masalah, atau memberi dukungan kepada orang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.