Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Kompas.com - 03/08/2022, 08:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pancasila adalah dasar negara sekaligus pedoman hidup bangsa Indonesia.

Sudah seharusnya nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, kita terapkan melalui perilaku, sikap, tindakan, serta cara berpikir.

Dikutip dari buku Ensiklopedia Pancasila: Arti Pancasila dan Demokrasi Pancasila (2021) oleh Toto Sugiarto dkk, secara umum, Pancasila bisa diartikan sebagai landasan serta ideologi bangsa.

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan yang mencerminkan kepribadian bangsa.

Bisa pula diartikan bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang digunakan sebagai dasar pengaturan pemerintahan negara.

Baca juga: Mengapa Kita Perlu Mengembangkan Nilai-nilai Pancasila?

Sejumlah ahli turut mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian Pancasila.
Berikut penjelasannya:

Muhammad Yamin

Adalah salah satu tokoh yang turut mengusulkan lima asas dasar negara, terdiri atas peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat.

Jelaskan pengertian pancasila menurut Muhammad Yamin! 

Dilansir dari buku Pendidikan Pancasila (2019) karya Ujang Permana, menurut Muhammad Yamin, Pancasila berasal dari kata panca berarti lima, dan syila artinya sendi, dasar, atau peraturan tingkah laku yang baik.

Pengertian Pancasila menurut Muhammad Yamin adalah lima dasar yang beriri pedoman atau aturan mengenai tingkah laku yang penting dan baik.

Ir. Soekarno

Menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah isi dalam jiwa bangsa Indonesia yang secara turun-temurun telah terpendam bisu oleh kebudayaan Barat.

Dengan demikian, Pancasila bukan hanya falsafah negara, melainkan falsafah bangsa Indonesia.

Baca juga: Urgensi Pancasila sebagai Dasar Negara

Notonegoro

"Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwasanya Pancasila merupakan dasar falsafah serta ideologi negara yang diharapkan dapat menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar kesatuan."

Ruslan Abdul Ghani

Pengertian Pancasila menurutnya adalah filsafat negara yang diciptakan untuk menjadi ideologi kolektif, yang nantinya harus digunakan sebaik mungkin untuk menyejahterakan rakyat serta bangsa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com