Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi Zoonosis dan Penggolongannya

Kompas.com - 11/07/2022, 14:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Zoonosis adalah penyakit-penyakit yang dapat menular dari hewan kepada manusia maupun sebaliknya. 

Menurut Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan No 18/2009 sebagai pengganti UU Peternakan dan Kesehatan Hewan No. 6/1976, penyakit zoonotik yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau vice versa (sebaliknya). 

Dilansir dari situs World Health Organization (WHO) definisi zoonosis sebagai penyakit atau infeksi yang secara alami ditularkan antara hewan vertebrata dan manusia. 

Lebih dari 10 tahun ke belakang, 75 persen penyakit pada manusia disebabkan oleh patogen yang berasal dari hewan dan produknya. 

Kebanyakan penyakit tersebut berpotensi menyebar ke berbagai pulau atau benua dan berkembang menjadi masalah global. 

Baca juga: Ciri Khas Virus yang Tidak Terdapat pada Organisme Lain

Kerugian yang diakibatkan zoonosis meliputi peningkatan morbiditas dan mortalitas pada hewan maupun manusia, kerugian ekonomi akibat kehilangan pekerja yang sakit, penurunan turis di area pariwisata yang terserang wabah, penurunan produksi ternak dan hasil ternak, pengeluaran biaya pengobatan dan penurunan ekspor. 

Penyakit zoonosis

Dikutip dari Buku Ajar Zoonosis (2015) oleh I Wayan Suardana, pengetahuan dan pemahaman penyakit-penyakit zoonosis tidak hanya terbatas pada penyakit klasik seperti rabies, anthrax, brucellosis, dan lai-lain. 

Seiring perjalanan zaman, penyakit zoonosis juga terus berkembang. Beberapa penyakit zoonosis yang tergolong baru di antaranya: 

  • BSE (Bovine Spongiform Encephalitis) atau sapi gila 

Salah satu penyakit pada otak sapi yang tergolong dalam kelompok penyakit Transmissible Spongiform Encephalopathy. Penyakit ini disebabkan oleh suatu jenis protein bersifat infeksius yaitu PRION yang merupakan suatu molekul protein tanpa asam inti. 

Prion diketahui memiliki sifat tahan terhadap panas dan beberapa bahan yang lazim digunakan sebagai desinfektan. 

Baca juga: Struktur Virus

  • AI (Avian Influenza) atau flu burung

Penyakit pada hewan dan manusia yang disebabkan oleh virus AI tipe A dari berbagai galur mulai dari yang kurang ganas sampai yang sangat ganas. 

Virus AI galur tertentu dapat menular dari unggas kepada mamalia (kuda, babi, anjing laut), bahkan menular ke manusia. 

Di dalam virus AI dilestarikan oleh hewan reservoir terutama itik liar, berbagai jenis burung liar, ayam, dan itik piaraan. 

  • Pantogenih Escherichia coli

Sebagai kuman patogen, E.coli menjadi sangat dikenal karena menyebabkan penyakit pada saluran cerna manusia. Jalur transmisi yang paling umum dari infeksi E. coli adalah melalui jalur konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi. 

Namun, transmisi dapat juga disebarkan secara langsung dari orang ke orang terutama anak-anak dan dari hewan ke manusia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com