Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumus GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Kompas.com - 18/04/2022, 18:01 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comGLBB atau gerak lurus berubah beraturan adalah salah satu jenis gerak. GLBB terjadi pada benda yang bergerak dalam lintasan lurus (linear) dengan kecepatan yang tidak konstan.

Hal tersebut, karena GLBB memiliki percepatan yang konstan. Percepatan GLBB dapat berbentuk positif dan negatif, atau dipercepat dan diperlambat.

Percepatan yang teratur, membuat GLBB memiliki variabel yang dapat dicari melalui rumus. Berikut adalah rumus-rumus dalam GLBB!

Rumus GLBB kecepatan akhir

Benda yang mengalami percepatan (penambahan kecepatan atau pengurangan kecepatan), memiliki kecepatan akhir yang berbeda dengan kecepatan awalnya.

Baca juga: Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Dilansir dari Lumen Learning, kecepatan akhir tergantung pada seberapa besar percepatan dan berapa lama percepatan itu berlangsung. Sehingga, rumus kecepatan akhir pada GLBB adalah:

Dengan,
Vt: kecepatan akhir benda (m/s)
V0: kecepatan awal benda (m/s)
a: percepatan benda (m/s)
t: waktu tempuh (s)
s: jarak tempuh (m)

Rumus GLBB jarak

Jarak tempuh suatu benda pada GLBB adalah jarak yang ditempuh kecepatan awal ditambah dengan jarak yang ditempuh setelah benda mengalami percepatan. Sehingga, rumus GLBB jarak tempuh benda adalah:

Baca juga: Contoh Aplikasi GLB dan GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan,
s: jarak tempuh (m)

Rumus GLBB percepatan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pada GLBB benda mengalami percepatan. Dilansir dari Physics LibreTexts, percepatan adalah laju di mana kecepatan suatu benda berubah terhadap waktu.

Sehingga, rumus percepatan pada GLBB adalah:

Dengan,
a: percepatan benda (m/s)
ΔV: perubahan kecepatan benda (m/s)
Δt: perubahan waktu (s)

Baca juga: Kelajuan, Kecepatan, dan Percepatan Rata-rata

Rumus GLBB posisi

Percepatan benda adalah besaran vektor yang tidak hanya memiliki besar, namun juga arah. Sehingga, posisi benda dalam GLBB dapat ditentukan.

Posisi benda dalam GLBB bergantung pada kecepatan, percepatan, dan juga waktu. Berikut adalah rumus posisi benda dalam GLBB:

Dengan, 
x: posisi akhir benda
x0: posisi awal benda

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com