Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya

Kompas.com - 08/04/2022, 19:32 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu surat yang berkaitan dengan pekerjaan yaitu surat lamaran pekerjaan. Meski sekarang sudah banyak yang menggunakan surat elektronik, beberapa perusahaan masih memberlakukan surat lamaran secara fisik. 

Dikutip dari buku Aneka Surat Sekretaris & Bisnis Indonesia (2009) oleh Lamuddin, surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan yang ditujukan kepada orang atau pejabat organisasi/lembaga yang dapat memberikan pekerjaan. 

Sedangkan dari buku Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) oleh Adlan Ali, surat lamaran pekerjaan diartikan sebagai surat permohonan yang dibuat pencari kerja untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi untuk mendapat pekerjaan sesuai lowongan pekerjaan yang tersedia. 

Baca juga: Unsur-unsur Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika surat lamaran pekerjaan 

Dalam menyusun surat lamaran, ada baiknya memerhatikan sistematika surat lamaran pekerjaan sebagai berikut: 

  • Tempat dan tanggal saat surat ditulis 

Menuliskan lokasi dan tanggal surat di bagian paling atas sebalah kanan atau kiri. Kemudian menyebutkan nama kota dengan kaidah penulisan yang benar, yaitu huruf kapital di awal kalimat. 

Karena surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang sifatnya semiformal, maka tidak perlu kop surat. 

  • Hal dan lampiran 

Setelah menuliskan tempat dan tanggal, posisi di sebelah kiri terdapat hal dan lampira. Hal diisi dengan tulisan "Lamaran Pekerjaan", sedangkan lampiran diisi dengan jumlah dokumen yang disertakan dengan surat lamaran pekerjaan. 

  • Tujuan surat 

Berisi nama  lembaga atau perusahaan yang dituju surat tersebut. Jika ingin lebih spesifik,dapat menyebutkan jabatan tanpa nama atau sapaan Bapak atau Ibu. 

Gunakan akronim "Yth" di bagian awal tanpa disertai kepada. Tulisan alamat kantor instansi atau lembaga. Penulis alamat tidak perlu menggunakan titik di akhir. 

  • Salam pembuka

Memberi salam yang umum digunakan, sertakan tanda koma setelah salam. Tidak perlu menggunakan aline atau posisi menjorok ke dalam. 

  • Pembuka 

Pada paragraf pembuka, perkenalkan diri secara singkat dan jelas. Jangan lupa menyertakan darimana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. 

Baca juga: Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

  • Bagian isi

Berisi identitas diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, temoat dan tanggal lahir, pendidikan terakhirm jurusan, dan kontak yang bisa dihubungi. 

Sebutkan juga maksud dari surat lamaran dengan mneyebutkan posisi yang dikehendaki. Dapat juga menceritakan kemampuan atau pengalaman secara singkat. 

  • Penutup 

Berisi harapan dari penulis agar surat lamaran pekerjaan diterima. Sampaikan ucapan terima kasih dan kalimat pendukung lainnya. 

  • Tanda tangan dan nama lengkap

Tuliskan "Hormat Saya", disertai tandan tangan dan nama lengkap pengirim surat lamaran pekerjaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com