Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelajaran E-Learning: Pengertian, Manfaat, dan Tipenya

Kompas.com - 25/03/2022, 18:15 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Sistem pembelajaran berbasis komputer dinamakan e-learning. Sistem e-learning merupakan salah satu media pembelajaran yang sudah umum digunakan. 

Dikutip dari buku Memahami E-Learning: Konsep, Teknlogi, dan Arah Perkembangan (2020) oleh Muhammad Rusli dan kawan-kawan, e-learning adalah perangkat pendidikan berbasis komputer yang bisa dilakukan di mana dan kapan saja. 

E-learning juga menjadi mpdel pembelajaran yang mencakup beragam media penyampaian bahan ajar atau konten melalui situs di internet dengan menggunakan multimedia, televisi interaktif, kelas virtual, video konferensi, dan lain-lain. 

Sistem e-learning mengacu pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengakses sumber belajar. 

Baca juga: 4 Tradisi Praktik Pembelajaran IPS

Manfaat e-learning 

Dilansir buku Sistem Pembelajaran Daring (E-Learning) (2020) oleh Riandaka Rizal, beberapa manfaat penggunaan e-learning, antara lain: 

  • Memperoleh pesan atau infomrasi agar tidak terlalu verbalistis. 
  • Mengatasi keterbatasan jarak, ruang, dan waktu. 
  • Dapat menimbulkan semangat belajar yang baik karena peserta didik berinteraksi langsung dengan sumber belajar. 

Tipe-tipe e-learning 

Secara umum ada dua tipe-tipe e-learning sebagai pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik, yaitu: 

  • Electronic based e-learning 

Electronic based e-learning merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi infomrasi dan komunikasi, khususnya berupa elektronik, yaitu internet, komputer, video, kaset, OHP, dan lain-lain. 

  • Internet based 

Pembelajaran menggunakan fasilitas internet yang bersifat online sebagai instrumen utamanya. 

Internetnya sebagai fasilitas dasar dalam menunjang pembelajaran, sehingga siswa dapat mengakses mengakses pembelajaran secara online yang tidak terbatas dengan jarak, ruang, dan waktu. 

Dalam pembelajaran dengan sistem e-learning terdapat dua pengertian yang berbeda mengenai istilah Computer Assisted Learning dan Computer Assisted Learning

Pada computer assisted learning, komputer dapat digunakan sebagai pengganti metode tradisional dengan menyediakan perangkat lunak interaktid sebagai alat pendukung dalam kelas atau pembelajaran mandiri di luar kelas. 

Sedangkan computer managed instruction digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi untuk membantu dalam pengelolaan pendidikan. 

Baca juga: Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com